15.9 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Harga Cabai Anjlok, Dinas TPH Sumut: Produksi Tinggi Tapi Permintaan Rendah

Medan, MISTAR.ID

Pasca Idul Fitri 2021 harga cabai merah terus anjlok. Kini harga cabai merah dijual Rp12 ribu hingga Rp16 ribu per kg di pasar-pasar tradisional Kota Medan. Di tingkat petani sendiri komoditi ini dihargai Rp10 ribu per kg.

Ketua Kelompok Juli Tani Yareli ST mengatakan, laporan dari kelompok tani binaannya di Phakpak Barat, dihargai Rp10.000 per kg. Padahal idealnya diharga Rp30.000 per kg.

Menurutnya, anjloknya harga cabai ini dipicu kondisi Covid-19. Sebab banyak usaha yang tidak beroperasional, sehingga hanya mengandalkan konsumsi rumah tangga.
“Ini pemicu, bukan karena panen raya. Tapi kondisi Covid-19 ini berpengaruh, karena usaha yang banyak tidak beroperasi, dan hanya mengandalkan konsumsi rumah tangga,” ujarnya, Jumat (4/6/21).

Baca Juga:Harga Bawang Merah Merangkak Naik, Cabai Anjlok

Sementara itu, Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Baharudin Siregar menuturkan anjloknya harga cabai merah ini lantaran produksi tinggi, tapi permintaan masih rendah. “Ini karena masih dampak Covid-19. Masih banyak kedai makanan yang dibatasi waktu dan lainnya. Begitu juga pesta-pesta harus mengikuti prosedur yang ada tentang pembatasan di masa Covid-19. Makanya saat ini petani mengeluh bagaimana hasil produksinya bisa tertampung,” terangnya saat dihubungi.

Untuk itu, Baharudin mengungkapkan perlu adanya koordinasi dengan Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perusahan Daerah (AIJ). “Ini yang harus kita bahas. Kalau dari kami sudah memacu petani untuk produksi. Bahkan kita menggerakkan ASN dinas untuk membeli cabai paling sedikit 1 kg per ASN. Minggu lalu hampir 500 kg sudah kita beli,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sumut Barita Sihite menyebutkan berdasarkan harga rata-rata bahan pokok di lima pasar tradisional di Kota Medan, masing-masing Pasar Simpang Limun, Pasar Palapa, Pusat Pasar, Pasar Suka Ramai, Pasar Petisah dan Pasar Sikambing, cabai merah saat ini dipasarkan di harga Rp19.822 per kg.

Baca Juga:Pasokan Melimpah Harga Cabai Merah Anjlok, Namun Harga Ikan Melambung

Sementara cabai hijau Rp12.000 hingga Rp20.000 per kg, cabai rawit hijau Rp16.000 hingga Rp28.000 per kg. Sedangkan bawang merah Rp28.633 per kg dan bawang putih Rp28.494 per kg. “Cabai merah termurah dijual di Humbahas Rp13.000 per kg, tertinggi di Nias Utara Rp35.000 per kg. Terkait anjloknya harga cabai saat ini sudah ada pergubnya untuk mengatasi hal ini agar terciptanya stabilitas harga di pasar. Tapi kita gak tahu apakah sudah jalan atau tidak,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles