17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Hanya 3T dan 5M Langkah Menekan Kasus Covid-19 di Medan

Medan, MISTAR.ID

Dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) terus melibatkan seluruh pihak mulai dari Forkopimda, stakeholder dan terutama masyarakat untuk bisa menekan angka positif Covid-19 tersebut.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan, hanya 3T dan 5M saja kunci dalam upaya menekan angka kasus Covid-19 itu.

“Kuncinya hanya 3T dan 5M. Itu gak pernah berubah, mau itu PPKM Level 4 turun ke Level 3 dan Level 2. Hanya dua hal tersebut ya,” terangnya, Jumat (24/9/21).

Adapun 3T ini adalah Tracing, Testing dan Treatment. Sedangkan 5M yaitu, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Baca Juga:Bobby Nasution Sambut Kerjasama Pelatihan ASN yang Ditawarkan Konjend Singapura

Bobby menuturkan, hasil dari rapat bersama 27 rumah sakit yang melayani Covid-19 di Kota Medan disepakati untuk membuat tim.

Tim ini masing-masing 5 orang dari setiap rumah sakit untuk membantu Pemko Medan mentracing, dan mentesting masyarakat yang menjadi kontak erat.

“Upaya inilah yang harus lebih maksimal dan kita perbaiki. Ada beberapa yang perlu kita perbaiki khususnya di dalam melakukan Tracing dan Testing. Sedangkan khusus untuk Treatment ini terkait fasilitas kesehatan yang terus kita perbaiki. Alhamdulillah kita merasa sudah cukup baik hingga saat ini,” ungkapnya.

Pada hari Senin mendatang, Bobby akan minta nama-nama utusan dari masing-masing rumah sakit untuk menyetor, agar bisa di deploy (menyebarkan) ke kecamatan untuk bisa membantu Tracing dan Testing.

Baca Juga:Bobby Nasution Lantik 12 Direksi PUD, “Tingkatkan Profit dan Jangan Korupsi”

“Target kita itu, ada 15 kontak erat per harinya. Contohnya kemarin, kasus konfirmasi positif kita ada bertambah 55 orang. Maka harus melakukan Tracing dan Testing sebanyak 825 orang. Kalau ini kita kerjakan bersama-sama maka hasilnya lebih baik. Seperti penanganan keroyokan dalam pendataan di PPKM Level 4. Kami ucapkan terima kasih pada semua pihak termasuk rumah sakit yang telah membuat PPKM Level 4 turun ke PPKM Level 3,” jelasnya.

Untuk itu, suami Kahiyang Ayu ini optimis bisa memberikan yang terbaik pada masyarakat agar bisa turun ke PPKM Level 2. Ia menyebutkan, upaya yang dilakukan gak bisa sendiri harus bersama-sama.

“Tak hentinya saya mengajak masyarakat untuk tetap patuhi 5M. Agar target 15 kontak erat ini bisa tercapai. Apalagi saat ini penyekatan di wilayah Medan sudah tidak ada lagi. Tinggal yang di perbatasan dengan kabupaten lain yang menuju tempat wisata masih terus kita pantau untuk menekan angka penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles