26.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Gubsu: Kita Pilih Sekda yang Benar-benar Mau Kerja

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahamayadi enggan membeberkan nama ketiga calon Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut yang telah dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Edy menuturkan, bahwa tiga nama calon Sekda Sumut ini berdasarkan urutan rangking tiga besar pada seleksi dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya atau Eselon I Pemprov Sumut.

“Saya takut, kalau diumumkan. Orang yang tak dapat marah (terpilih). Tapi sudah saya tandatangani,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Selasa (15/2/22).

Disinggung ada dua calon Sekda Provinsi Sumut yang bermarga Lubis, yakni Hasmirizal Lubis (Asisten Umum Pemprov Sumut) dan Hamid Heriansyah Lubis (Sekda Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung), Edy mengatakan seleksi tidak ada kaitannya dengan marga. Meski istrinya juga bermarga Lubis, yakni Nawal Lubis.

Baca Juga:Tiga Nama Calon Sekda Sumut Tunggu Persetujuan Kemendagri

“Mentang-mentang istri ku Lubis, nanti kalian bilang Lubisisasi,” ucapnya tertawa. Dalam pemilihan Sekda Provinsi Sumut ini, Gubernur Edy menegaskan ingin mencari Sekda yang betul bekerja.  “Saya perlu orang untuk kerja. Dia harus benar-benar harus bisa kerja,” sebut mantan Pangkostrad itu.

Mantan Ketua Umum PSSI itu memastikan, bahwa tiga nama calon Sekda Sumut yang dikirimkan ke Kemendagri merupakan ranking tiga besar terbaik yang ditetapkan Pansel. “Saya ajukan tiga, berdasarkan urusan ranking,” tutur pensiunan Jenderal TNI Bintang Tiga itu.

Sebelumnya, tiga nama yang telah dikirim telah ditetapkan Tim Seleksi (Timsel) Pengisian Jabatan Sekdaprov Sumut berdasarkan seluruh rangkaian hasil seleksi.

Baca Juga:Seleksi Sekda Sumut Dihentikan, Ini Enam Nama yang Lolos Makalah

Selanjutnya, tiga nama calon itu diusulkan kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah. Lalu, Gubernur Sumut mengirimkan 3 nama calon itu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Setelah diverifikasi KASN, tiga nama calon itupun diterima gubernur yang kemudian dikirimkan ke Kemendagri, hingga akhirnya nanti TPA yang memilih satu dari tiga nama itu untuk ditetapkan Presiden RI Joko Widodo menjadi Sekdaprovsu yang ikut seleksi sampai proses akhir di Timsel yakni, dr Tengku Amri Fadli MKes Kadis Lingkungan Hidup Sumut, Drs Hamid Heriansyah Lubis Sekdakab Tanggamus Lampung, dan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut, Lasro Marbun selaku Inspektur Daerah Sumut.

Kemudian, Drs Agus Tripriyono selaku Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA Sumut. Dan, Dr Ir Hasmirizal Lubis selaku Asisten Administrasi Umum.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles