26.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Ghea Ajak Mahasiswa USU Peduli Isu Kesehatan Mental Lewat Lagu ‘Jiwa yang Bersedih’

Medan, MISTAR.ID

Ghea Indrawari seorang penyanyi dan penulis lagu Indonesia, berbagi kisah pencapaian hingga mengajak mahasiswa-mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU) harus menjaga dan peduli terhadap isu mental.

Ini disampaikan pada Dies Natalies USU ke 71, pada Selasa (24/10/23) di Auditorium USU, Kota Medan.

Menariknya, kedatangan Ghea menjadi pemicu meriahnya acara Dies Natalies. Dirinya diundang sebagai motivation speech bagi kalangan anak muda.

Baca juga: Cegah Penyakit TBC di Usia Produktif, Mahasiswa USU Diskrining

Walau dihadang berbagai kesibukan di dunia artis, wanita kelahiran Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) itu baru saja menyelesaikan pendidikannya di Universitas Negeri Jogyakarta, pada tanggal 19 Oktober 2023. Ghea resmi menyandang gelar sarjana pendidikan dengan jurusan pendidikan musik sesuai hobinya.

Penyanyi populer dengan judul lagu ‘Jiwa yang Bersedih’ ini menceritakan prosesnya selama berkarir, sebagai bentuk semangat bagi mahasiswa USU. Ia bercerita sewaktu kecil ketika ditanya ingin jadi apa, banyak anak-anak yang menjawab ingin jadi banyak hal.

“Ingin jadi guru, jadi dokter, tapi saya tidak, saya ingin jadi artis,” sebutnya dalam cerita.

“Dengan tegas saya katakan saya tidak halu, saya berani bermimpi, saya yakin kepada diri saya, bahwa tidak ada yang mustahil, saya percaya pada tuhan,” tambah Ghea.

Baca juga: Gelar Aksi Malam Hari, Puluhan Mahasiswa USU Minta Polisi Usut Kematian Rekannya

Wanita 25 tahun ini merupakan 5 besar dalam ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim kesembilan pada tahun 2018. Judul lagunya ‘Jiwa yang Bersedih’ dilatar belakangi dengan isu mental.

“Maka dengan itu teman-teman, stress itu bahaya, apalagi kita sendirian itu lebih bahaya. Hari ini saya sampaikan saat ini orang-orang bahkan anak-anak muda sedang mengalami masa-masa yang berat, depresi dan akhirnya melakukan hal yang tidak diinginkan.

Dengan begitu teman-teman harus aware dengan kesehatan mental kita masing-masing,” sebut Ghea.

Adapun yang ingin disampaikan Ghea dalam lagu ini, yaitu sayangilah diri sendiri. Begitu juga jangan memaksa diri terlalu keras dan stress.

Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Jiwa yang Bersedih oleh Ghea Indrawari

“Jika kalian sedang mengalami masa-masa sulit, maka ‘menangislah kan ku juga manusia’,” paparnya.

Ia juga menjelaskan. menangis disini bukan berarti seterusnya merasa sedih.

“Menangis di sini bukan berarti nangis semingguan, tidak makan, tak mau kemana-mana, tapi kita coba terima keadaan lalu come back stronger,” tegasnya.

Dalam penutupnya, Ghea menegaskan, untuk jangan takut bermimpi, menyelesaikan pendidikan dan menjadi diri sendiri. (dinda/hm16)

Related Articles

Latest Articles