22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

FK UMSU Gelar Lokakarya Akreditasi Internasional

Medan, MISTAR.ID

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar lokakarya akreditasi Internasional dengan menghadirkan pakar mutu dari FK Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu (8/6/22).

Dekan FK UMSU dr Siti Masliana Siregar mengatakan, dalam perkembangannya menuju perguruan tinggi berkelas internasional, FK UMSU perlu mempersiapkan banyak hal.

Untuk itu, FK UMSU kembali meminta dukungan FK UNAIR yang telah berpengalaman dalam proses akreditasi internasional tersebut.

Baca juga:535 Mahasiswa FKIP UMSU Peserta PLP Jati Diri Pendidik Dilepas

“FK UNAIR saat ini juga memasilitasi FK USK (Universitas Syiah Kuala Aceh) dalam proses akreditasi internasional,” ujarnya.

Masliana menjelaskan berbagai proses yang sudah dilakukan FK UMSU dan kegiatan-kegiatan internasional yang sedang dilakukan pihaknya. Salah satunya adalah persiapan implementasi renstra tahap-4 FK UMSU dan adanya 4 mahasiswa FK-UMSU yang mengikuti MBKM melalui program kredit transfer di Sri Ramacandra University India.

“Untuk masuk ke proses akreditasi internasional tentu saja tidak mudah, tapi FK UMSU berkomitmen untuk masuk ke proses akreditasi ASIIN,” ucapnya.

Wakil Rektor I UMSU Prof Muhammad Arifin mengatakan, lokakarya yang diinisiasi oleh FK UMSU ini diperluas dengan hadirnya peserta dari fakultas lain karena UMSU sudah berkomitmen untuk masuk pada proses akreditasi internasional.

“UMSU sudah mulai melakukan proses kegiatan internasional, salah satunya UMSU masuk pada perangkingan QS Star’s dimana UMSU sudah mendapatkan bintang 4 dan FK UMSU menjadi unggulan,” ungkapnya.

Baca juga:UMSU Giatkan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bagi Dosen

Terkait program internasionalisasi yang dilakukan UMSU, Arifin menyebut saat ini FK UMSU sedang menerima 6 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran dari China untuk belajar di UMSU.

“Saya ingatkan perlunya disamakan definisi dari kelas internasional agar semua fakultas dan prodi memiliki pemahaman yang sama,” pesannya. (ial/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles