16.3 C
New York
Friday, May 17, 2024

Ekonom: Sumut Diprediksi Masih Cetak Inflasi Hingga Oktober

Medan, MISTAR.ID

Laju inflasi di Sumatera Utara (Sumut) seperti dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) secara year on year (yoy) tecatat sebesar 2,45 persen dan 0,3 persen secara month to month (mtm) di Juli 2023.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, laju tekanan inflasi di Sumut yang masih berpeluang untuk mengalami kenaikan. Lantaran ada kenaikan harga komoditas bahan pangan seperti jagung, kedelai, hingga gandum yang harganya dalam dua pekan terakhir mengalami kenaikan. Namun, sepekan ini memang sedikit tertahan.

Menurutnya dari sumber pemberitaaan, tersedia jalur ekspor dari biji-bijian dari pihak Ukraina. Sehingga menahan kenaikan harga.

Baca Juga: Periode Juli 2023, Kenaikan Inflasi di Sumut 2,54 Persen

Akan tetapi jika situasinya kian memburuk dan kenaikan harga pangan dari sejumlah negara tertahan di level sekarang ini. Maka tetap ada potensi kenaikan pada produk turunannya.

“Berarti kita perlu untuk mewaspadai potensi kenaikan pada sejumlah harga pangan seperti telur dan daging ayam, mie instan, tepung hingga tahu/tempe. Akan tetapi jika kedepan nantinya tren harga berbalik seperti semula, maka inflasi dari tekanan eksternal tersebut dengan sendirinya memudar. Dan tentunya kita harapkan seperti itu,” terang Gunawan, Selasa (1/8/2023).

Untuk harga cabai sendiri di proyeksikan akan tetap menyumbang inflasi pada bulan Agustus ke September, atau bahkan hingga bulan Oktober nantinya. Harga cabai merah maupun cabai rawit masih dalam tren naik saat ini.

“Di mana potensi sumbangan inflasinya bisa berlangsung dalam 60 hingga 90 hari ke depan. Karena puncak harga cabai belum terlihat sampai sejauh ini,” katanya.

Baca Juga: BPS Catat Inflasi Tahunan Juni 2023 3,5 Persen

Di sisi lain, harga tiket pesawat juga masih berpeluang bertahan mahal, sekalipun liburan panjang telah usai. Kalaupun nantinya tiket pesawat menyumbang deflasi, kontribusinya akan sangat terbatas. Selama harga minyak mentah dunia tidak turun di bawah $74 per barel.

Sebelumnya diberitakan, perkembangan harga berbagai komoditas pada Juli 2023 di lima kota Indeks Harga Konsumen (IHK) Sumatera Utara (Sumut) secara umum menunjukkan adanya kenaikan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Nurul Hasanudin berdasarkan hasil pemantauan BPS, pada Juli 2023 terjadi inflasi yoy sebesar 2,54 persen atau terjadi kenaikan IHK dari 111,05 pada Juli 2022 menjadi 113,87 pada Juli 2023.

Sedangkan untuk tingkat inflasi month to month (mtm) sebesar 0,30 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) sebesar 0,98 persen. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles