26.5 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Asisten I Setda Labuhanbatu Tekankan Pentingnya Penguatan UU KIA

Labuhanbatu, MISTAR.ID

Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Labuhanbatu Sarimpunan Ritonga menekankan pentingnya penguatan undang-undang khusus yang mengatur KIA pada fase 1000 hari pertama kehidupan.

Rancangan Undang-undang KIA, akan mengatur hak-hak ibu, termasuk hak ibu yang bekerja, cuti pendampingan suami, dan hak anak serta kewajiban ayah, keluarga, keluarga pengganti atau lembaga asuhan anak.

Baca juga: Plt Bupati Labuhanbatu Ajak Masyarakat Sukseskan Program Bangga Kencana

“Sebagai tugas dan wewenang penyelenggaraan kesejahteraan ibu dan anak menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah termasuk mengenai pengelolaan data dan informasi kesejahteraan ibu dan anak serta partisipasi masyarakat,” kata Sarimpunan saat menjadi Pembina Apel Hari Kesadaran Nasional di halaman BKPP Labuhanbatu, Jumat (17/5/24).

Dia menjelaskan, tujuan undang-undang KIA adalah untuk meminimalisasi tanggung jawab pengasuhan hanya pada ibu serta mendorong peran dan kehadiran ayah sebagai penyokong utama dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak.

Undang-undang KIA juga akan mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan mental orangtua pada tahapan pra kehamilan, masa kehamilan, hingga pasca melahirkan termasuk penerapan asas kesetaraan gender dalam pengasuhan anak.

Selain itu, UU KIA juga memuat substansi keluarga untuk menjawab kualitas keluarga, tipe keluarga tunggal, atau konteks mengangkat anak; penambahan asas kesetaraan gender selain non mengedepankan keadilan akses sumber daya, partisipasi, pengambilan keputusan dan manfaat.

Baca juga: Pemkab Labuhanbatu Gandeng PT KAl Berangkatkan Calon Jemaah Haji ke Medan

Yang terakhir, jelas Sarimpunan, UU KIA hadir untuk memastikan upaya membangun kesejahteraan Ibu dan anak menjadi tanggung jawab bersama keluarga sejak awal dengan dukungan anggota keluarga lainnya dan lingkungan.

Mengakhiri arahannya, Sarimpunan mengatakan, bahwa setiap anak adalah investasi berharga.

“Kita semua memiiki tanggung jawab untuk melindunginya. Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju,” pungkasnya.

Apel HKN kali ini dirangkai dengan pemberian bantuan kepada pegawai Pemkab Labuhanbatu yang memasuki purnabakti. (yazis/hm22)

Related Articles

Latest Articles