14.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Dukung Digitalisasi Kampus, USU Gandeng PT Telkom Tbk

Medan, MISTAR.ID

Mendukung digitalisasi kampus, Universitas Sumatera Utara (USU) mempersiapkan pembangunan kawasan digital di beberapa titik sebagai langkah awal. Dalam upaya tersebut, USU menggandeng kerja sama dengan berbagai pihak agar perencanaan berjalan dengan baik.

Salah satunya dengan persiapan kawasan digital yang bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia Tbk. USU berharap PT Telkom Indonesia Tbk dapat mendukung pembangunan infrastruktur kawasan digital.

“Kita saat ini berharap kerja sama dapat terwujud untuk menyiapkan kawasan digital di beberapa titik di lingkungan USU,” ujar Rektor USU Dr Muryanto Amin, Selasa (28/9/21).

Dengan adanya PT Telkom Indonesia Tbk, Muryanto yakin dengan sepak terjangnya sebagai perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Menurutnya, sumber daya yang mereka miliki diharapkan dapat berkontribusi.

Baca juga:Rektor USU Ajak Mahasiswa Tingkatkan Literasi Perekonomian

Rektor sendiri telah merencanakan beberapa titik kawasan digital yang mengedepankan akses digital dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

“Beberapa titik kita rencanakan untuk kawasan digital. Seperti sport center, nantinya hanya ada satu akses dengan menggunakan metode digital yang dapat dipakai untuk semua fasilitas. Selain itu kita juga menyiapkan Pusat Sistem Informasi (PSI) USU, serta kawasan Kuala Bekala sebagai kampus dua USU untuk menjadi kawasan digital,” katanya.

Rektor juga membuka tawaran untuk menjadi mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan PT Telkom Indonesia Tbk. Ia mencontohkan, beberapa mitra telah dilakukan kerja sama untuk pembinaan mahasiswa melalui program magang. Ia berharap PT Telkom Indonesia Tbk dapat membuka peluang yang sama untuk mahasiswa USU.

“Beberapa mitra kita telah jajaki kerja sama untuk dapat menerima mahasiswa kita dalam program magang di perusahaan tersebut. Kita berharap PT Telkom Indonesia Tbk juga bisa membuka kesempatan tersebut agar semakin membuka peluang mahasiswa mendapat pengalaman,” tegasnya.

Rektor USU menjamin mahasiswa yang akan mengikuti program MBKM nantinya akan diseleksi dan disesuaikan dengan kriteria yang dibutuhkan oleh PT Telkom Indonesia Tbk. Sehingga, pada akhirnya diharapkan PT Telkom Indonesia Tbk dapat memaksimalkan potensi mahasiswa tersebut melalui perekrutan pegawai.

Baca juga:Survey Lembaga Internasional: PT di Indonesia Termasuk USU Mampu Bersaing di Level Top Dunia

General Manager Telkom Witel Medan Binsar Silalahi menyatakan, pihaknya siap mendukung pembangunan kawasan digital di lingkungan USU.

“Kita hadir untuk menyatakan dukungan dan siap berkontribusi dalam pembangunan pendidikan di perguruan tinggi, terutama USU. Kita siapkan sumber daya kita untuk terjun langsung dalam upaya tersebut. Selain itu kita juga membuka kerja sama di bidang lainnya yang bisa kita lakukan,” pungkasnya. (ial/hm06)

Related Articles

Latest Articles