18.7 C
New York
Wednesday, September 25, 2024

Dugaan Pungli Oknum KPU Sergai, Massa Geruduk Kantor KPU Sumut

Medan, MISTAR.ID

Puluhan massa yang tergabung dalam Jaringan Intelijen Mahasiswa (JIM) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Sumatera Utara (Sumut), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Medan Timur, Kamis (19/9/24).

Aksi ini digelar untuk menuntut oknum komisioner KPU Kabupaten Serdang Bedagai (Sergei) berinisial EW yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) ‘Uang Transport Kotak’ pada Pemilu 2024.

“Periksa dan tangkap oknum komisioner KPU Sergai yang terlibat pungli. Panggil dan periksa seluruh PPK Pemilu se-Sergai,” teriak salah seorang orator.

Menanggapi hal tersebut, salah satu Komisioner KPU Sumut, Kotaris Banurea menyambut dan menampung aspirasi massa. Ia berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut ke pimpinan KPU.

Baca juga:Darma Wijaya-Adlin Tambunan Lawan Kotak Kosong, Ini Penjelasan KPU Sergai

“Kami akan tampung semua aspirasi. Tapi mungkin tidak dalam minggu ini, karena dalam minggu ini jadwal tahapan Pilkada sangat padat,” sebut Kotaris.

Selanjutnya Kotaris menjelaskan tahapan-tahapan yang akan dilakukan KPU Sumut dalam satu minggu ini kepada massa. Seperti penetapan calon, pengundian nomor urut, dan lainnya. Berharap massa aksi akan mengerti.

Berikut daftar tuntutan JIM kepada KPU Sumut:

1. Diduga aktor utama oknum komisioner KPU Sergai yang berinisial EW melakukan pungli ‘Uang Transport Kotak’ terhadap badan ad-hoc PPK pada Pemilu 2024.
2. Diduga tiga oknum komisioner KPU Sergai melakukan pungli perekrutan badan ad-hoc PPK dan PPs se-Sergai.
3. Periksa, tangkap dan penjarakan oknum komisioner KPU Sergai yang terlibat.
4. Panggil dan periksa seluruh PPK Pemilu 2024 se-Sergai.
5. Meminta Bawaslu Sumut untuk memeriksa seluruh komisioner KPU Sergai serta seluruh PPK Pemilu 2024 se-Sergai.
(maulana/hm17)

Related Articles

Latest Articles