12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Dinkes Sumut Pastikan Stok Obat-obatan Covid-19 Mencukupi

Medan, MISTAR.ID

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah memastikan bahwa ketersediaan obat-obatan Covid-19 di Sumut masih mencukupi.

Sehingga bagi daerah di kabupaten/kota yang ketersediaan stok obat-obatannya mulai minim, diharapkan agar segera melaporkan ke Dinas Kesehatan Sumut.

“Yang pasti untuk obat-obat covid-19, di gudang kita masih tersedia. Kalau memang ada yang kurang obat-obat Covid-19 di kabupaten/kota, itu tinggal ajukan permintaan ke Dinkes Sumut, kita suplai,” kata Aris, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Puan Maharani Minta Mafia Obat Covid-19 Ditindak Tegas

Aris menjelaskan bahwa untuk obat-obatan Covid-19, Dinas Kesehatan di kabupaten/kota secara rutin melaporkan kondisinya ke Pemprov Sumut. Sehingga diketahui ketersediaan stok obat-obatan di setiap daerah.

“Ya kalau kurang koordinasi. Kan kebutuhan mereka yang tahu. Sampai sekarang masih cukup. Kalau kurang kita minta ke pusat,” jelasnya.

Sementara itu, terkait vaksinasi, Aris menyatakan telah kembali berjalan normal, usai mendapatkan pasokan dari Jakarta. Dan saat ini mulai didistribuskan ke kabupaten/kota di Sumut.

Apalagi pada Jumat (30/7/2021) lalu sebanyak 18.350 vial atau 183.500 dosis vaksin Covid-19 merek Sinovac tiba di Sumut, diangkut menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-118 melalui Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang dan disimpan di gudang Farmasi Dinas Kesehatan.

Baca juga: Disebut Jadi Obat Korona, Harga Pil Kina Melambung

Satu hari sebelumnya atau Kamis (29/7/2021) sebanyak 70 ribu vaksin merek Moderna, yang khusus diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) juga telah diterima Sumut untuk selanjutnya didistribusikan ke daerah.

“Sinovac dan AstraZeneca untuk tahap kedua, besok (Selasa) masuk lagi. Nanti setelah diterima akan didistribusikan ke kabupaten/kota,” jelasnya. (Iskandar/hm06).

 

Related Articles

Latest Articles