10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Dinas Pariwisata Gelar Uji Sertifikasi Profesi Film Videografi di Medan

Medan, MISTAR.ID

Guna meningkatkan kompetensi dan kualitas masyarakat, Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata menggelar bimbingan teknis dan uji sertifikasi profesi film videografi.

Acara yang berlangsung di Hotel Grand Mercure Medan dari tanggal 19-22 Desember 2022 ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suriyono, Selasa (20/12/22).

Di hadapan para peserta yang berjumlah 100 orang itu, Agus Suriyono mengatakan, bimbingan teknis dan uji sertifikasi profesi film videografi bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi masyarakat khususnya bagi para pelaku yang menekuni profesi di bidang Sinematografi.

Baca Juga:Pemko Medan Eksplorasi Bangunan Bersejarah Jadi Magnet Wisatawan

“Bimbingan teknis dan uji sertifikasi ini berlangsung selama 4 hari, diawali dengan city tour yang semalam, bimbingan teknis hari ini dan besok akan dilakukan uji sertifikasi. Ini yang sangat penting, karena memberikan legalitas kepada anak-anak Medan. Sebab, dengan mereka memiliki sertifikasi profesi tentunya akan meningkat kemampuanya,” kata Agus.

Agus berharap melalui kegiatan bimbingan teknis dan uji sertifikasi profesi film videografi ini nantinya akan melahirkan sinematografi yang berkompetensi dan tersertifikasi di Kota Medan.

“Yang dibutuhkan sekarang adalah pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang sudah tersertifikasi, karena ke depanya tidak hanya uji kemampuannya saja yang dilihat tetapi juga sertifikasinya. Untuk itu kita berharap akan lahir sinematografi terbaik dari Kota Medan,” harap Agus.

Agus menyebut, bahwa pihaknya siap dan mendukung Medan untuk menjadi salah satu kota perfilman di Indonesia.

“Wali Kota Medan selalu mendukung kegiatan yang dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan kompetensi masyarakat. Apalagi Medan memiliki potensi yang sangat besar untuk diangkat ceritanya baik dari segi kuliner, budaya hingga kehidupan masyarakat yang multikultural. Namun tetap hidup harmonis berdampingan,” pungkasnya.

Baca Juga:Selain Kolam Retensi, Dosen Unpri Sarankan Pemko Medan Buat Tanggul Atas Banjir

Sebelumnya, Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia Gunawan Paggaru dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dengan digelarnya bimbingan teknis & uji sertifikasi profesi film videografi ini.

“Kegiatan seperti ini yang selalu diharapkan, karena kalau film Indonesia ingin berkembang maka harus didukung oleh playmaker di daerah. Oleh karena itu salah satu jembatan untuk bisa masuk ke industri film adalah melalui kegiatan seperti ini. Sebab industri film sekarang ini apabila ingin syuting di daerah harus melihat kesiapan SDM nya dan ini juga akan membuka peluang kerja di daerah,” jelas Gunawan Paggaru.

Selain itu, Gunawan Paggaru juga optimis Kota Medan dapat menjadi sasaran perkembangan perfilman di tanah air.

“Karena itu saya akan mendukung agar Medan dapat menjadi tuan rumah dalam Festival Film Indonesia,” ungkapnya. (rahmad/hm12)

Related Articles

Latest Articles