22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dikukuhkan Sebagai Guru Besar, Prof Dadang: Tugas Utama Mencerdaskan Dunia Pendidikan

Medan, MISTAR.ID – Mantan Waka Polda Sumut Irjen Pol Prof Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSI, resmi dikukuhkan sebagai guru besar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Pengkuhan guru besar itu pun ditandai dengan sidang senat terbuka yang dipimpin langsung Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP di Auditorium Kampus UMSU, Sabtu (27/5/23).

Prof Dadang ditetapkan sebagai guru besar UMSU dari Bidang Ilmu Administrasi Publik. Kegiatan pengukuhan ini, dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir.

Usai menerima penyematan lencana guru besar, Prof Dadang mengucap terima kasih kepada seluruh pihak khususnya Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang telah mendukung seluruh proses sehingga dirinya bisa mengemban tugas sebagai dosen.

Baca Juga: Kapolri dan Ketum PP Muhammadiyah Hadiri Pengukuhan Guru Besar Irjen Pol Dadang Hartanto

“Semua perjuangan yang selama ini dilaksanakan dan tentu dibantu seluruh rekan-rekan dari unsur, rektor, civitas akademika dan kemudian dari Polri, Polda, dan semua membantu. Alhamdulillah Pak Kapolri datang yang selama ini telah memberikan kesempatan kepada saya mengabdi di luar Polda sebagai dosen,” kata mantan Kapolretabes Medan itu.

Dengan menyandang sebagai Profesor, lanjutnya, tugas utama adalah mencerdaskan dalam dunia pendidikan. “Tentu sebagai seorang guru besar, tugas utamanya adalah mencerdaskan dalam dunia pendidikan, membangun nilai-nilai moral yang baik, sehingga bisa berkontribusi dari yang kecil dulu, untuk mahasiswa untuk dosen-dosen sekitarnya. Kemudian, baru masyarakat,” kata dia.

Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri ini juga akan menerapkan ilmu di lingkungan Polri. “Jadi, tugas kita, pertama ilmu itu harus diaplikasikan di lingkungan Polri untuk mendukung apa yang digariskan oleh pimpinan Polri. Diharapkan pembelajaran yang nanti didapat bisa dimanfaatkan dan dapat mendukung kinerja,” ucapnya.

Baca Juga: Sosialisasi Pengusulan Jabatan Fungsional Lektor Kepala dan Guru Besar di UDA

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP mengucapkan selamat kepada Prof Dadang yang dikukuhkan sebagai guru besar. Sehingga pengukuhan guru besar ini sangat mendukung aktivitas akademik di UMSU.

“Dengan izin Kapolri beliau bisa mengajar di UMSU. Hari ini, juga sebagai momentum bersejarah bagi UMSU, karena bisa menggelar rangakaian acara pengukuhan guru besar Irjen Pol Prof Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSI,” katanya.

Terlihat juga hadir dalam kegiatan itu Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Kepala LLDikti Sumatera Utara Prof Drs Saiful Anwar Matondang, jajaran rektorat UMSU, jajaran Polri, Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan. (Saut)

Teks foto

Irjen Pol Prof Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSI saat foto bersama dengan insan pers, Sabtu (28/5/2023). (f:ist/mistar)

Related Articles

Latest Articles