6.2 C
New York
Thursday, October 17, 2024

Dialog Publik Pilkada 2024, Anggota DPRD Sumut Catat 3 Poin Penting

Medan, MISTAR.ID

Humas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) kerjasama dengan salah satu Radio Kota Medan dan Universitas Darma Agung (UDA) menggelar dialog publik Membangun Generasi Cerdas dengan topik ‘Kontribusi Generasi Muda di Pilkada Sumut 2024’, Kamis (17/10/24).

Anggota DPRD Sumut, Berkat Kurniawan Laoly menyampaikan tiga catatan penting kontribusi pemuda dalam rangka mensukseskan Pilkada 2024.

“Pertama peran pemuda yaitu kehadiran atau partisipasi dalam pemilukada yaitu datang ke TPS (tempat pemungutan suara). Menurut data yang sudah valid atau diumumkan di media sosial bahwa 56,45% pemilih itu didominasi oleh generasi milenial dan generasi z,” katanya.

Baca juga : 5 Anggota DPRD Sumut Terpilih Mundur karena Pilkada, Berikut Daftar Namanya

Selain itu, lanjutnya, suara generasi ini sangat menentukan untuk kepemimpinan kepala daerah kedepannya.

“Lalu yang kedua peluang generasi muda untuk terjun langsung tidak hanya mencoblos atau memberikan hak pilihnya di TPS. Menjadi penyelenggara pemilu baik di KPU (komisi pemilihan umum) atau sebagai panitia pemilihan kecamatan, PPS (panitia pemungutan suara), KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara), sebagai Bawaslu atau juga sebagai panwas kecamatan, desa atau panwas TPS,” sebutnya.

Sambung Berkat, pemuda juga bisa masuk dalam instrumen lain yaitu sebagai pemantau pemilu, di luar lembaga resmi seperti KPU dan Bawaslu.

Related Articles

Latest Articles