15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Dampak Hujan, Cabai Merah Tembus Rp60 Ribu Per Kg di Medan

“Biasanya memang harga cabai kerap mengalami kenaikan di awal pekan, akibat gangguan pasokan. Walaupupn nanti pasokan sudah kembali membaik, harga cabai merah berpeluang lebih mahal dari harga di pekan sebelumnya yang berada di kisaran Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per kg nya. Sejauh ini, dugaan kenaikan harga cabai merah dipicu oleh faktor cuaca karena intensitas hujan cukup tinggi. Sehingga membuat petani enggan turun ke ladang,” bebernya.

Selain cabai merah, harga daging ayam pada hari ini juga mengalami kenaikan. Dari kisaran angka 26 hingga 28 ribu per kg, menjadi Rp31 ribu per kg pada hari ini. Untuk kenaikan harga daging ayam sendiri, sebenarnya indeks produksi sudah berada di kisaran 100.

Baca juga: Harga Komoditas di Medan Merangkak Naik, Cabai Merah Tembus Rp44 Ribu per Kg

Artinya, masih kata Gunawan, memang ada potensi harga daging ayam mengalami rebound dikarenakan satu pekan lalu harga daging ayam berada sedikit di bawah harga pokok produksinya.

“Saya menghitung bahwa harga daging ayam akan berada di kisaran Rp28 hingga Rp33 ribu di dua pekan terakhir bulan Agustus. Sementara untuk harga cabai merah masih berpeluang naik, dimana titik puncaknya belum terlihat sejauh ini. Begitupun, faktor cuaca masih menjadi salah satu faktor penting yang akan membentuk harga di pasar,” pungkasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles