15 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Cuaca Kota Medan Kerap Berubah-ubah Dipicu Kuatnya Angin Monsun dari Asia

Medan, MISTAR.ID

Cuaca Kota Medan kerap berubah-ubah beberapa hari terkahir ini. Pagi dan siang hari cenderung panas, sementara sore hingga malam hari kerap terjadi hujan dengan intensitas deras.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan Darmawan mengatakan, hal itu merupakan fenomena masih kuatnya angin Monsun dari Asia.

“Karena Medan berada di sebelah timur dari Bukit Barisan, sehingga pertumbuhan awan mulai terbentuk di waktu sore hingga malam yang mengakibatkan terjadinya hujan,” ujarnya, Selasa (22/2/22).

Baca juga:BMKG Prakirakan Hujan Deras Landa Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Darmawan mengatakan, hal itu juga menjadi penyebab terjadinya hujan lokal di Kota Medan beberapa hari belakangan ini.

“Iya benar,” katanya.

Darmawan kemudian mengingatkan untuk mewaspadai hujan sedang hingga lebat di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat dan Pegunungan Sumatera Utara yang menyebabkan banjir dan longsor.

“Malam hari ini hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Langkat, Tapteng, Sibolga, Taput, Madina, Padangsidempuan, Tapsel, Karo, Samosir dan Toba,” sebutnya.

Baca juga:BMKG Catat: 27 Gempa Guncang Aceh-Sumut Dalam Pekan ke Empat Desember

Adapun suhu udara Sumatera Utara hari ini berada pada kisaran 17.0⁰ – 33.0⁰ C. Sementara kelembaban udara 60 – 95% dan angin yang bertiup dari Barat Laut ke Timur Laut berkekuatan 10 – 30 Km/Jam.

“Untuk titik panas (hotspot) ada 17 titik yang terdeteksi di Sumut hari ini,” pungkasnya. (ial/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles