16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

BMKG Prediksi Malam Nanti Hujan akan Terjadi di Wilayah Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi beberapa daerah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan, Sabtu (10/9/22) malam.

Hujan dengan intensitas sedang itu diprediksi terjadi di Simalungun, Deli Serdang, Langkat, Medan, Binjai dan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

“Termasuk juga Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Tebing Tinggi dan Batubara,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui Prakirawannya yang bertugas hari ini, Endah Paramita.

Baca Juga: 9 Jenis Bencana Alam yang Paling Sering Terjadi di Indonesia

Endah menjelaskan, pagi hingga siang hari hampir seluruh wilayah di Sumut berawan. Sementara siang menuju sore hari, hujan ringan berpotensi terjadi di Langkat, Deli Serdang, Binjai, Sergai, Medan, Simalungun, Tebing Tinggi, Batubara, Pematang Siantar, Karo dan Samosir.

“Dini hari cenderung berawan, namun hujan ringan masih berpotensi terjadi di sejumlah daerah,” katanya.

Endah memastikan suhu udara minimum Sumut berada di angka 16.0⁰ C, sementara suhu tertinggi mencapai 33.0⁰ C. Adapun angin yang bertiup dari Barat daya ke Barat Laut berkekuatan 10 – 30 km/jam.

Baca Juga: Pemprov Sumut dan BMKG Komit Tekan Korban Bencana Alam

“Untuk peringatan dini hari ini nihil,” katanya.

Endah menyebut, BMKG wilayah I Medan juga mendeteksi 11 titik panas (hotspot) yang tersebar di beberapa wilayah di Sumut. Empat titik berada di Kabupaten Tanah Karo, tiga titik di Humbang Hasundutan (Humbahas).

“Dua titik ada di Dairi, kemudian masing-masing satu titik terdeteksi di Labuhanbatu Utara dan Langkat,” ucapnya.(ial/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles