15.7 C
New York
Sunday, May 5, 2024

BMKG Medan Keluarkan Peringatan Dini Waspada Hujan Deras di Daerah Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat.

“Diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah pantai timur, lereng timur, lereng barat dan pegunungan wilayah Sumatera Utara (Sumut),” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho melalui Prakirawannya Budi Prasetyo, Minggu (9/10/22) pagi.

Budi mengatakan, pagi hari Sumut cenderung berawan. Siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Taput, Samosir, Tapteng dan Madina.

Baca Juga:Gempa Bumi Susulan Kembali Terjadi di Taput, BMKG Catat Ada 95 Kejadian

Untuk malam hari, kata Budi, hujan ringan hingga deras berpotensi terjadi di Madina, Palas, Paluta, Labura, Labuhanbatu, Labusel, Medan, Deli Serdang dan Kabupaten Asahan.

“Termasuk Simalungun, Sergai, Langkat, Binjai, Pematang Siantar, Taput dan Toba,” sebutnya.

Sementara, pada dini hari nanti Sumut cenderung berawan, namun hujan ringan masih diperkirakan akan terjadi Kepulauan Nias, Medan, Langkat, Deli Serdang dan sekitarnya.

Baca Juga:BMKG Ingatkan Warga Jauhi Lereng dan Perbukitan di Taput

“Suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 32.0⁰. Kelembaban udara 60 – 95 %, sementara angin yang bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut berkekuatan 10 – 30 km/jam,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan sensor modis (Satelit, Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20), sebut Budi, terdapat dua titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Sumatera Utara hari ini.

“Satu titik berada di Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Palas, satu titik lagi ada di Kecamatan Hulu Siapas Kecamatan Paluta,” tukasnya.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles