11.1 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Besok, Tapteng Hingga Kepulauan Nias Diprediksi Hujan Lebat

Medan, MISTAR.ID

Sebagian besar wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diprediksi diguyur hujan lebat besok, Sabtu (14/10/23). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan turun di Tapteng, Sibolga, Taput, Humbahas, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

“Pada dini hari diprediksi hujan dengan intensitas ringan turun di wilayah Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu, Kepulauan Nias dan sekitarnya,” ucap Prakirawan BMKG Lestari Irene Purba, Jumat (13/10/23).

Kemudian, pada siang hingga sore hari BMKG memprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan.

“Malam hari hujan meluas ke wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Asahan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Selatan dan sekitarnya,” katanya.

Baca juga: BMKG Prediksi Panas Ekstrem di Indonesia Hingga Oktober 2023

Dijelaskan Lestari, tidak ada titik panas (hotspot) di Sumut. Sementara suhu udara : 17 – 33.0 °C, kelembaban udara : 60 – 97% dan angin berhembus dari arah Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 km/jam.

“Kami terus mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah di Pantai Timur, Lereng Timur, Pegunungan dan Lereng Barat Sumatera Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan banjir, longsor dan bencana hidrometeorologis lainnya,” tutupnya. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles