22.3 C
New York
Wednesday, June 12, 2024

Antisipasi Kecurangan Sistem Zonasi di PPDB 2024, Disdik Sumut Akui Kantongi Data Peserta Didik

Medan, MISTAR.ID

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Utara (Sumut) mengakui sudah melakukan pendataan sebaran peserta didik guna mengantisipasi kecurangan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024, khususnya dalam sistem zonasi.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Sumut, Basir Hasibuan mengatakan peserta didik memiliki data 1 kilometer dari rumah ke sekolah yang ingin tujuan pendaftaran.

“Iya, di tahun lalu, kita ada jebol (persoalan) itu, tahun ini istilahnya sudah diharamkan itu. Kemudian di tahun yang lalu tidak ada pendataan sebaran peserta didik, di tahun ini sudah kita data sebaran peserta didik 1 kilometer, radius 1 kilo dari sekolah ke rumah,” ujarnya kepada Mistar.id, Jumat (24/5/24).

Baca juga : Dugaan Pungli di SMA Negeri 1 Percut Seituan, Kabid SMA Disdik Sumut Beri Klarifikasi

Selain itu, Disdik Sumut juga sedang berupaya menggandeng Dirjen Dukcapil dalam proses integrasi data peserta didik untuk PPDB.

“Lalu kita juga lagi berupaya ke Mendagri melalui Dirjen Dukcapil untuk integrasi dukcapil, artinya verifikasi nanti langsung terintegrasi ke dukcapil dia. Siapa yang nokoh nanti ketahuan disitu,” sebut Basir.

Dikatakannya, nama peserta PPDB sudah didatanya sejak dini.

“Kan sudah kita data radius 1 kilo, nanti yang lebih dari itu, otomatis datanya warna merah, begitupun bukan berarti dia langsung masuk sekolah itu ya,” tambahnya.

Related Articles

Latest Articles