26.2 C
New York
Wednesday, May 29, 2024

Amankan Pemilu 2024, Kodam I/BB Siagakan 2.000 Lebih Personel dan 260 Alutsista

Pangdam bersama Kapolda juga melakukan penandatanganan deklarasi Pemilu Damai, penandatanganan kerjasama (MoU) TNI-Polri. Serta menyaksikan demonstrasi penanganan huru-hara oleh pasukan PPH gabungan Kodam I/BB dan Polda Sumut.

Apel yang dipimpin KSAD, Jenderal TNI Agus Subianto itu digelar dari Silang Monas Selatan, Jakarta, dengan peserta upacara jajaran Balakpus TNI AD secara tatap muka, serta jajaran Kotama TNI AD di seluruh Tanah Air secara online.

Dalam amanatnya, KSAD menjelaskan apel ini untuk mengukur kesiapsiagaan satuan TNI AD dalam mengawal pesta demokrasi yang akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan.

Baca juga : Polda Sumut Pastikan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Sumut Aman

KSAD mengatakan pesta demokrasi pemilihan presiden, legislatif dan kepala daerah secara serentak, dikhawatirkan dapat memicu terjadinya polarisasi di tengah masyarakat akibat dari politisasi agama, identitas hingga isu SARA.

KSAD memastikan TNI AD menjunjung tinggi komitmen netralitas dalam menghadapi tahun politik 2024 sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Jangan lengah dan tingkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain. Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait dalam tugas pengamanan. (matius/hm18)

Related Articles

Latest Articles