10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Aliansi Umat Islam Geruduk Kantor Kemenag Sumut Minta Menag Dicopot

Medan, MISTAR.ID

Puluhan massa dari Aliansi Umat Muliakan Adzan Sumatera Utara (Auman Sumut) menggelar flash mob damai ‘kumandangkan adzan’ di Kantor Kemenag Sumut, Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat (4/3/22).

Adapun massa yang tergabung dalam aksi itu terdiri dari, Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) Sumut, Badan Koordinasi Remaja Mesjid (BKRM) Tanjung Morawa, Gerakan Pemuda Islam (GPI) Kota Medan dan Komunitas Berani Hijrah (KBH).

Dalam aksinya, massa terlebih dahulu melaksanakan salat Jumat di Mesjid Al Badar. Kemudian, massa menggelar long march dengan melintasi Jalan Gatot Subroto, Jalan Gagak Hitam, Jalan Amal, Jalan TB Simatupang, sebelum akhirnya berkumpul di Kantor Kemenag Sumut Jalan Gatot Subroto.

Setibanya di Kantor Kemenag Sumut, massa membentangkan sejumlah spanduk yang bertuliskan pengecaman mereka terhadap pernyataan Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Chalil Qoumas.

Baca Juga:Massa DPD KNPI Demo di Mapoldasu Minta Izin Perusahaan Penimbun Minyak Goreng Dicabut

Koordinator Aksi Muhammad Hafiz Aziz mengatakan, mereka mengecam keras pernyataan Menteri Agama RI Yaqut Chalil Qoumas yang menyamakan suara adzan dengan gonggongan anjing.

“Kami mengecam keras pernyataan Menteri Agama RI terkait suara adzan,” ujarnya. Selain itu, massa juga menuntut Presiden Joko Widodo mencopot Menteri Agama dari jabatannya yang dinilai telah berulang kali menyampaikan pernyataan yang membuat kisruh dan polemik.

“Kita juga menuntut aparat Kepolisian bersikap tegas pada seluruh pelaku terduga perbuatan penistaan agama, siapapun oknumnya, termasuk jika seorang menteri sekalipun,” serunya.

Perwakilan Badan Koordinasi Remaja Mesjid (BKRM) Tanjung Morawa menambahkan, mereka meminta Menteri Agama untuk segera dicopot dari jabatannya.

Baca Juga:Dana PIP 2021 Tak Cair, Puluhan Orang Tua Demo Disdik Padangsidimpuan

“Kita tidak ingin memilik Menteri Agama yang merusak kerukunan umat beragama. Kami meminta Kepala Kemenag Sumut merekomendasikan kepada pusat agar segera mengganti Menteri Agama,” ungkapnya.

Setelah berorasi, massa melakukan tabur bunga di depan kantor Kemenag Sumut sambil meletakkan karangan bunga yang bertuliskan ‘Turut Berduka Cita Atas Hilangnya Menteri Agama Yang Membuat Teduh Umat di NKRI’.

Puas menyampaikan orasinya, massa membubarkan diri dengan damai. Aksi yang dikawal petugas Kepolisian itu berjalan tertib.

Humas Kemenag Sumut M Yunus ditemui di halaman depan tidak mau banyak berkomentar. “Untuk sementara kita tampung aspirasi dulu,” katanya sambil berlalu.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles