9.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Aksi Kolektif Untuk Bumi, Ikahut USU Ajak Pemuda Lestarikan Alam

Medan, MISTAR.ID

Ikatan Alumni Kehutanan Universitas Sumatera Utara (Ikahut USU) bersama Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Medan menghelat aksi kolektif untuk Bumi.

Bersama komunitas pemuda, pemerintahan dan stakeholder lainnya, mereka melakukan sejumlah kegiatan di kawasan Sungai Tuntungan, Kelurahan Namogajah, Kecamatan Medan Tuntungan.

Melalui aksi ini, Ikahut USU ingin memantik kesadaran pemuda pentingnya untuk menjaga kondisi alam, khususnya sungai yang punya peran penting.

Baca Juga:Pengurus IKAHUT USU Diharapkan Memberikan Gagasan untuk Hutan Indonesia yang Lebih Indah

“Pemuda harus berkolaborasi menjaga alam. Tentunya ini akan berdampak baik pada kehidupan kita ke depannya,” ujar Ketua Ikahut USU Yudha Lesmana Pohan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/10/22).

Kegiatan yang bergulir sejak pagi itu diisi dengan penebaran bibit ikan, penanaman pohon, arung jeram hingga diskusi interaktif. Kegiatan ini didukung oleh PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Yudha menuturkan, saat ini kondisi alam sangat membutuhkan upaya konservasi. Ancaman krisis iklim yang kian nyata harus menjadi perhatian bersama khususnya pemuda sebagai agen perubahan.

Baca Juga:Upaya Kurangi Sampah Plastik, USU Gandeng Earthwise Consulting Jepang

Aksi kali ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting. Baskami ikut menebar benih ikan di Sungai Tuntungan. Aksi dilanjutkan dengan arung jeram dari Pantai Wali Kota di Sungai Tuntungan.

Beberapa perwakilan dari lembaga dan pemerintahan ikut melakukan penanaman tanaman multiguna atau Multipurpose Tree Species (MPTS). Totalnya, ada 300 bibit MPTS yang ditanam di pinggiran sungai.

“Ini hanyalah kegiatan kecil. Namun dampaknya bisa besar jika dikerjakan secara masif. Perlahan, kesadaran masyarakat tentang pentingnya sungai akan timbul. Ketika sungai semakin baik, maka potensi bencana bisa diminimalisir. Bahkan, bisa berdampak ekonomi kepada masyarakat,” imbuh Yudha.

Baca Juga:Kementerian PUPR RI Normalisasi 9 Sungai Induk di Toba

Baskami Ginting mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh Ikahut USU dan FAJI Medan. Kata dia, kegiatan seperti ini harus ditingkatkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Muhammad Husni mengungkap hal senada. Kata Husni, pihaknya siap memberikan dukungan untuk kegiatan peduli lingkungan. (anita/hm14)

Related Articles

Latest Articles