20.8 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Akan Beroperasi Dekat Masjid, Cafe & Spa ML Diduga Belum Kantongi Izin

Medan, MISTAR.ID

Cafe & Spa ML yang berada di Jalan Sei Batang Serangan, Kecamatan Medan Baru, tak jauh dari Masjid Al Jihad, diduga belum memiliki izin untuk beroperasi. “Cafe & Spa itu belum memiliki izin,” kata Camat Medan Baru, Franseno melalui telepon seluler, Jumat (2/12/22).

Franseno mengaku, pihaknya sudah mendatangi pihak manajemen Cafe & Spa ML Kutus Kutus. Menurut dia, jika Cafe & Spa ML Kutus Kutus itu hendak beroperasi, harus mendapat izin dari warga sekitar dan pihak rumah ibadah.

Sebab, Cafe & Spa ML itu berada tak jauh dari rumah ibadah Masjid Al Jihad. “Seharusnya, kalau mau beroperasi ada izin dari jiran tetangga dan pengurus masjid,” ujar Franseno.

Baca Juga:Banyak Cafe di Medan Tak Terapkan Protokol Kesehatan

Jika sudah mengantongi izin, sambungnya, selanjutnya diajukan ke pihak kelurahan. Sebaliknya, jika belum jangan beroperasi. “Sementara diminta untuk tidak beroperasi. Kalau ada pelanggaran akan kita cabut izinnya,” tegas Franseno.

Dia menyebut, sebelum usaha dibuat, izin jiran (tetangga) harus ada terlebih dahulu, lalu melengkapi persyaratan normatif dari dinas terkait tentang akta pendirian kualifikasi terapi kesehatan. Kemudian, tidak melaksanakan kegiatan yang melanggar norma susila. Selanjutnya, dari kelurahan dibuat surat keterangan domisili usaha. “Setelah kami cek ke kelurahan, ternyata kelurahan belum membuat surat usaha Spa tersebut,” pungkas Franseno.

Sementara, jamaah Masjid Al Jihad yang menanggapi adanya Cafe & Spa ML, tidak mempermasalahkannya karena belum melakukan pelanggaran hukum dan norma agama. Sebab, sepengetahuannya, Kutus Kutus diperuntukkan bagi balita. “Setahu saya Cafe & Spa itu untuk balita. Minyak Kutus Kutus itu kan untuk balita. Tapi, kalau memang nanti kita temukan ada pelanggaran hukum atau menyalahi norma agama, kita pasti bertindak,” tegas jamaah pria Masjid Al Jihad yang minta identitasnya dirahasiakan melalui telepon seluler.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles