11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

8 dari 10 Penghuni Kompleks Keuskupan Agung Medan Positif Covid-19

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 8 dari 10 orang penghuni kompleks Keuskupan Agung Medan terkonfirmasi positif Covid-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan telah melakukan penelusuran terhadap aktivitas Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap.

Jubir GTPP Covid-19 Kota Medan Mardohar Tambunan mengatakan, di kompleks keuskupan ada 10 orang penghuni yang terdiri dari uskup, pendeta, suster, dan pengurus rumah tangga, serta kebun. Mereka kemudian mencoba mengurut awal mula terpaparnya penghuni keuskupan.

“Sekitar 27 Juni lalu, kita tahu pendeta Michael Manurung punya kegiatan, ada acara seperti misa di Pasar 8 Ring Road, mengumpulkan suster dari beberapa cabang. Pendeta ada kontak dengan beberapa suster dari beberapa daerah. Lalu, 28 Juni itu ada juga mengundang Parlindungan Purba, Pak Uskup Cornelius ada. Pendeta Michael Manurung juga ada. Kemudian kita tahu tanggal 7 Juli pendeta Michael masuk Rumah Sakit Elisabeth dan dilakukan swab. Swab tanggal 10,” kata Mardohar, Senin (20/7/20).

Hasil swab terhadap Michael mengkonfirmasi bahwa yang bersangkutan positif Covid-19. “Tanggal 13 itu, Pak Cornelius masuk rumah sakit dengan gejala yang sama. Sementara, swab Pendeta Michael tanggal 13 Juli, positif,” jelasnya.

Baca Juga:Uskup Agung Medan Positif Covid-19

Karena itu, mereka kemudian melakukan swab test terhadap seluruh penghuni kompleks keuskupan. “Delapan positif, dua negatif,” ungkapnya.

Selain telah melakukan sterilisasi terhadap kompleks keuskupan, GTPP juga mengimbau kepada masyarakat atau jemaat yang merasa pernah kontak erat baik dengan para penghuni keuskupan untuk melakukan tes swab.

“Bersama tim gugus tugas keuskupan, kami juga menyampaikan kepada teman-teman atau jemaat yang merasa pernah kontak erat dengan beliau untuk segera melakukan swab mengingat beliau banyak sekali perjalanan,” tegasnya.(iskandar/hm10)

Related Articles

Latest Articles