9.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

2.396 Nakes RS Adam Malik Siap Divaksin

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 2.396 tenaga kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik siap menjalani vaksinasi sinovac Covid-19.

Direktur RSUP H Adam Malik, DR Zainal Safri mengaku kalau vaksin sinovac telah tiba di Provinsi Sumatera Utara. “Vaksin sudah dikirim dari pusat ke seluruh provinsi. Termasuk Provinsi Sumatera Utara dan saat ini vaksin itu disimpan di Gudang Dinas Kesehatan Provinsi Sumut,” ujarnya, Jumat (8/1/21).

Ia menyebutkan, dalam tahap pertama yang menjalani vaksin adalah tenaga medis atau kesehatan. “Keputusan pemerintah pada Januari akan didistribusikan dan yang pertama adalah tenaga kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga:Asahan Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Untuk tenaga kesehatan yang ada di RSUP Adam Malik, ada sebanyak 2.396 yang siap menjalani vaksin. “Di Adam Malik sendiri ada 2.396 staf yang akan divaksin,” sebutnya.

Jumlah ini, sebut Zainal Safri, sudah terdata di Kementerian Kesehatan RI. “Data ini sudah terdata di Kementerian Kesehatan,” ucapnya.

Untuk tanggal pastinya kapan pelaksanaan vaksin, Zainal belum bisa memastikan. Karena menurut dia, pelaksanaan vaksin Covid-19 harus serentak dilakukan di seluruh Indonesia. “Jadi kita harus menunggu perintah dari pusat,” ujarnya.

Rumah Sakit milik Kementerian Kesehatan RI ini sudah siap menjalani vaksin. “Rencananya sebelum dijalani vaksin, kita melakukan simulasi dulu,” ungkapnya.

Baca Juga:Menkes Pastikan Vaksinasi Serentak di Daerah 14-15 Januari

Sebagaimana diketahui, Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik merupakan salah satu rumah sakit rujukan utama pasien Covid-19 di Sumatera Utara. Bisa dipastikan, rumah sakit pemerintah itu menjadi prioritas utama vaksinasi tahap pertama. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles