20.5 C
New York
Sunday, June 9, 2024

Usir Wartawan AS, Cina Dikecam

Washington, MISTAR.ID
Editor utama The Washington Post dan The Wall Street Journal mengecam Cina karena mengusir wartawan dari beberapa media AS, termasuk wartawan dari surat kabar The New York Times dan Majalah Time.

Majalah Broadcaster Voice of America dan Time juga diminta untuk merincikan kegiatan mereka di Cina. Editor eksekutif Post, Marty Baron, menuliskan dalam komentar yang disampaikan kepada NBC News.

“Kami dengan tegas mengecam tindakan apapun oleh pihak Cina yang mengusir wartawan AS. Keputusan pemerintah Cina sangat disesalkan karena terjadi di tengah krisis global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Padahal Informasi yang jelas dan dapat diandalkan tentang tanggapan internasional terhadap Covid-19 begitu penting.”

Pemimpin redaksi Journal, Matt Murray mengatakan keputusan Cina datang di saat krisis global sedang tidak tertandingi.
“Kami menentang campur tangan pemerintah untuk kebebasan pers di mana saja di seluruh dunia” tulis Murray. “Komitmen kami untuk melaporkan secara lengkap dan mendalam tentang Cina tidak akan berubah”

Tindakan ini muncul setelah pemerintah AS menyatakan bahwa para jurnalis di beberapa outlet Cina menjadi bagian dari operasi pemerintah.

Sumber : nbcnews
Editor : mahadi
Alih Bahasa : Julyana Ang

Related Articles

Latest Articles