11.1 C
New York
Wednesday, February 28, 2024

Ukraina Lumpuhkan Rudal Hipersonik Kinzhal Milik Rusia

Rusia, MISTAR.ID

Ukraina mengklaim berhasil menembak jatuh enam rudal hipersonik kinzhal milik Rusia saat menyerang Kiev. Namun pernyataan Ukraina itu justru dibantah. Rusia mengaku berhasil menghncurkan anti-rudal permukaan ke udara Patriot buatan Amerika Serikat (AS).

Putin mengatakan pada Desember 2021, Rusia adalah pemimpin global dalam rudal hipersonik. Dia mengklaim pada saat ini negara lain kemungkinan besar telah mengembangkan teknologi, untuk menangkal senjata baru Rusia.

“Dalam perkembangan maju kami, kami pasti pemimpinnya,” katanya, Rabu (17/5/23).

Analis militer mengungkapkan, Rusia mengirim jet tempur yang dipersenjatai dengan rudal kinzhal ke Suriah untuk pertama kalinya pada 2021.

Baca Juga:Tentara Rusia Berhasil Menghancurkan Rudal Buatan Inggris

Kemudian, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim, telah menembakkan rudal Kinzhal ke tempat pembuangan amunisi di barat daya Ukraina pada 19 Maret 2022, penggunaan senjata tersebut yang diketahui pertama kali dalam pertempuran.

Kinzhal adalah rudal balistik yang diluncurkan dari udara yang mampu membawa hulu ledak nuklir atau konvensional.

Benda ini memiliki jangkauan yang dilaporkan 1.500 hingga 2.000 km sambil membawa muatan 480 kg dengan kecepatan hingga Mach 10 atau 12.250 kpj.

Rudal Kinzhal juga adalah salah satu dari enam senjata “generasi berikutnya” yang diungkapkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pidato pada Maret 2018.

Dia mengatakan, senjata ini dapat menembus sistem pertahanan rudal yang sudah ada dan rudal rancangan untuk akan datang.(republika/hm17).

.

 

Related Articles

Latest Articles