18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Trump Klaim AS Miliki Vaksin Corona Sebelum 2021

Washington, MISTAR.ID

Donald Trump mengklaim AS akan memiliki vaksin virus corona sebelum 2021. Klaim itu lebih cepat dari perkiraan yang disampaikan jajaran pejabat AS.

“Kita sangat yakin bahwa kita akan memiliki vaksin pada akhir tahun, pada akhir tahun ini,” ucap Trump dalam sebuah acara saluran berita AS, Fox News, seperti dilansir Channel News Asia dan CNBC, Senin (4/5/20).

Beberapa pejabat kesehatan mengatakan, capaian AS untuk menghasilkan vaksin itu lebih cepat dari perkiraan mereka sebelumnya.

Sejumlah pejabat kesehatan AS menyebut pengembangan vaksin untuk virus corona bisa memakan waktu 1 tahun hingga 18 bulan. Dan untuk distribusi sebuah vaksin diketahui memakan waktu bertahun-tahun.

Trump menyebut nama perusahaan farmasi Johnson & Johnson, yang diketahui bermitra dengan Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia AS (HHS) untuk mengembangkan vaksin. Diharapkan vaksin ini mendapat persetujuan paling awal tahun 2021 mendatang.

Para peneliti di Oxford University diketahui juga tengah mengembangkan vaksin dan telah menyatakan vaksin mereka, jika terbukti efektif, akan didistribusikan secara luas pada September mendatang.

Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, saat ini ada puluhan vaksin virus corona yang sedang dalam pengembangan.

Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS, Dr Anthony Fauci, dalam wawancara bulan lalu menyebut pengembangan vaksin akan memakan waktu 18 bulan, meskipun dia mengakui bahwa proses itu bisa dipercepat beberapa bulan.

“Tapi, anda tahu, anda tidak ingin terlalu mengumbar janji. Kita akan melihat bagaimana kelanjutannya,” ucap Fauci dalam wawancara dengan CBS New.

Sumber : Detik
Editor : Mahadi

Related Articles

Latest Articles