18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Tolak Cegah Kosovo Gabung ke Dewan Eropa, Serbia Ancam Ukraina

Beograd, MISTAR.ID

Serbia mengancam Ukraina karena memilih abstain ketimbang mencegah Kosovo untuk bergabung bersama Dewan Eropa dalam pemungutan suara.

Kemarahan dan ancaman tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Serbia Ivica Dacic.

Sebelumnya, Komite Kementerian Dewan Eropa menggelar pertemuan luar biasa merespons pengajuan Kosovo untuk masuk Dewan Eropa.

Baca Juga:Pesawat Kargo Pengangkut Senjata Jatuh di Yunani, 8 Kru Asal Ukraina Tewas

Kosovo sendiri merupakan wilayah yang memisahkan diri dari Serbia pada 17 Februari 2008. Serbia tentu saja menentang permintaan Kosovo tersebut.

Namun dalam pemungutan suara di Komite Kementerian Dewan Eropa, permintaan Kosovo didukung oleh 33 dari 46 anggota. Sementara yang menantang hanya tujuh dan lima lainnya abstain termasuk Ukraina.

“Saya harus mengatakan bahwa Ukraina telah mengejutkan kami secara tidak menyenangkan,” kata Menlu Serbia Ivica Dacic seperti dikutip media, Rabu (26/4/23).

Sebagai konsekuensinya, lanjut Dacic, sikap Ukraina yang abstain itu akan berdampak terhadap pengakuan teritori negara itu yang sampai saat ini berkonflik dengan Rusia.

“Seluruh cerita ini didasarkan pada integritas teritorial terkait konflik di Ukraina. Anda tahu berapa besar upaya (Serbia) untuk memilih resolusi, untuk mengutuk pelanggaran terhadap integritas Ukraina,” kata Dacic.

Dacic juga kesal dengan negara-negara seperti Bosnia dan Herzegovina, Yunani, Slovakia, Armenia, serta sejumlah negara lainnya yang tidak menentang permintaan Kosovo.

“Kebijakan luar negeri amat bergantung dari hubungan imbal balik. Ini tentu saja akan memengaruhi pandangan kami di masa depan tentang integritas teritori negara-negara itu,” ucapnya.

Serbia sendiri termasuk negara yang menentang sanksi Barat terhadap Rusia yang menyerang Ukraina. Meski demikian, Serbia tetap mengecam Moskow yang menggunakan operasi militer di Ukraina dan menekankan teritori Kiev harus dihormati.(cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles