17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Thailand Diguncang Serangan Bom, Tujuh Orang Terluka

Thailand, MISTAR.ID

Ledakan dan kebakaran melanda 17 lokasi di Thailand selatan pada Rabu (17/8/22). Serangan itu mengakibatkan sedikitnya tujuh orang terluka.

Polisi dan militer setempat menyatakan, serangan bom dan pembakaran terjadi setelah tengah malam dan menargetkan toko-toko dan sebuah pompa bensin di tiga provinsi, melukai sedikitnya tujuh orang.

Seperti diberitakan CNN, hingga kini belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Provinsi-provinsi di Thailand selatan di sepanjang perbatasan dengan Malaysia telah menyaksikan pemberontakan tingkat rendah selama beberapa dekade, ketika pemerintah memerangi kelompok-kelompok bayangan yang mencari kemerdekaan.

Baca Juga:Pasukan Udara China dan Thailand Latihan Gabungan

Kelompok Deep South Watch yang memantau kekerasan itu mengungkapkan, lebih dari 7.300 orang tewas dalam konflik tersebut sejak 2004. Pembicaraan damai yang dimulai pada 2013 menghadapi gangguan secara berulang.

Serangan pada Rabu (17/8/22) terjadi setelah pemerintah Thailand awal tahun ini memulai kembali diskusi dengan kelompok pemberontak utama, Barisan Revolusi Nasional, setelah jeda dua tahun karena pandemi.

Sementara itu, Organisasi Persatuan Pembebasan Patani (PULO) yang dikesampingkan dari putaran terakhir pembicaraan, melakukan pemboman selama bulan suci Ramadan, mengklaim dialog itu tidak inklusif. Pemerintah telah mengatakan siap untuk berbicara dengan semua kelompok. Pemimpin organisasi itu, Kasturi Makhota, mengatakan kepada Reuters bahwa serangan pada Rabu (17/8/22) tidak ada hubungannya dengan PULO.(okezone/hm15)

Related Articles

Latest Articles