13.5 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Ternyata Ini Sumber Daya Ukraina Timur yang Ingin Dikuasai Putin

Jakarta, MISTAR.ID

Kedutaan Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menjelaskan, bahwa Donbass dan Krimea adalah wilayah yang saat ini diambil oleh milisi pro-Rusia, di mana wilayah itu memiliki kandungan batu bara yang cukup tinggi. Bahkan, wilayah ini merupakan tulang punggung batu bara lokal saat masih dalam penguasaan Ukraina.

“Akibat dari hal ini, kami harus mengimpor batu bara dari negara lain,” jelasnya sebagaimana, Jumat (25/2/22).

Saat ini, ia menyebut, bahwa tambang batu bara itu sudah dalam kondisi rusak karena tidak dirawat oleh milisi pro-Rusia. Tambang-tambang itu saat ini mulai dibanjiri air yang tidak pernah disedot keluar.

Baca Juga:Di Tengah Invasi Rusia ke Ukraina, Xi Jinping Telepon Putin

“Ini jelas juga akan menimbulkan resiko ekologis, utamanya terkait dengan persediaan air konsumsi masyarakat dan juga kondisi tanah di sekitar wilayah itu.”

Lebih lanjut, Hamianin juga menekankan bahwa Ukraina masih terus berusaha untuk mempertahankan wilayahnya dari serbuan tentara Rusia. Ia mengklaim Rusia sudah melakukan serangan terhadap warga sipil. “Ini jelas-jelas merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Baca Juga:Kiev Makin Mencekam, Warga Ukraina Aksi Borong Bensin di SPBU

Hingga saat ini, pasukan Rusia masih terus berusaha menguasai aset militer strategis di sekitar ibukota Kyiv. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut ini merupakan langkah negara pimpinan Presiden Vladimir Putin itu untuk menggulingkannya.

“Mereka ingin menghancurkan Ukraina secara politik dengan menghancurkan kepala negara. Kami memiliki informasi bahwa kelompok sabotase musuh telah memasuki Kyiv.”(cnbc/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles