18.6 C
New York
Monday, June 10, 2024

Tak Kelihatan 2 Pekan Lebih, Menhan China Dikabarkan Jalani Investigasi

Beijing, MISTAR.ID

Menteri Pertahanan (Menhan) China Li Shangfu, yang sempat menghilang dari publik selama lebih dari dua pekan dilaporkan sedang menjalani penyelidikan oleh otoritas setempat.

Seorang pejabat keamanan regional dan tiga orang yang berhubungan langsung dengan militer China mengatakan, penyelidikan terhadap Li berkaitan dengan pengadaan peralatan militer. Meski begitu, belum diketahui rincian mengenai pembelian peralatan mana yang sedang diselidiki.

Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (15/9/23), menurut dua orang yang berhubungan langsung dengan militer, ada delapan pejabat senior dari unit pengadaan militer China yang dipimpin Li sejak tahun 2017 hingga 2022, juga sedang dalam penyelidikan.

Investigas terhadap Li, yang diangkat sebagai menteri pertahanan pada Maret, dan delapan pejabat tersebut dilakukan oleh Komisi Inspeksi Disiplin Militer.

Baca Juga: Menteri Pertahanan China Hilang MIsterius

Reuters mengklaim, tuduhan terhadap Li dan waktu penyelidikan ini, didasarkan pada wawancara dengan sumber-sumber yang secara rutin berinteraksi dengan pemimpin politik dan pertahanan senior China, serta pejabat regional yang memiliki pengetahuan mendalam tentang politik setempat.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China dalam keterangannya kepada para wartawan, Jumat (15/9/23), mengatakan bahwa dia tidak mengetahui situasi tersebut.

Dewan Negara dan Kementerian Pertahanan tidak segera merespons permintaan komentar Reuters dan Li juga tidak dapat dihubungi.

Sementara itu, Financial Times melaporkan, sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS), bahwa pemerintah AS meyakini bahwa Li sedang menjalani penyelidikan.

Related Articles

Latest Articles