30.1 C
New York
Friday, June 21, 2024

Fluktuasi Penjualan Hewan Kurban 2024

Medan, MISTAR.ID

Idul Adha menjadi momen khusus bagi para pedagang ternak sapi maupun domba kurban. Beberapa pedagang hewan kurban mengaku adanya fluktuasi perdagangan dibandingkan tahun lalu.

Salah satu pedagang hewan kurban di Jalan Karya Wisata, Medan Johor, Hardip mengaku menjelang Idul Adha 1445 kali ini penjualannya meningkat.

“Penjualan kita meningkat di Idul Adha 2024 dibandingkan tahun kemarin. Sudah terjual 44 ekor sapi dari total 60 sapi yang tersedia. Sedangkan tahun kemarin hanya menjual 36 ekor sapi,” katanya kepada mistar.id, Senin (10/6/24).

Jenis sapi yang dijual Hardip pun bervariasi, mulai dari limousin, simental dan madras dengan harga mulai dari Rp13,5 juta hingga Rp42 juta. Mengenai harga, Hardip mengatakan bahwa ada kenaikan penjualan tahun ini.

Baca juga: Permintaan Melonjak Meski Harga Hewan Kurban di Medan Naik

“Untuk harga sapi di tahun 2024 ada kenaikan sekitar Rp500 ribu sampai Rp700 ribu untuk sapi ukuran 80 kg ke bawah,” jelasnya.

Menurut Hardip, meski ada beberapa pelanggan yang tidak membeli hewan kurban kepadanya lagi, namun penjualan tidak terlalu mempengaruhi.

“Panitia kurbannya sudah berubah. Sda 2 sampai 3 pelanggan saya tidak datang di tahun ini. Tapi, itu tidak mempengaruhi banyak penjualan,” ungkap Hardip.

Berbeda dengan penjual hewan kurban di Jalan Avros, Kampung Baru, Medan Maimun, Salman. Ia mengaku penjualannya tahun ini mengalami penurunan.

“Kalau penurunan drastis karena total sapi kita ada 32 ekor dan baru terjual 10 ekor saja,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles