9.8 C
New York
Friday, May 10, 2024

Seratusan Pasukan Pro Ukraina Serang Perbatasan Rusia

Kiyv, MISTAR.ID

Puluhan pejuang pro-Ukraina mengklaim pada hari Selasa telah meluncurkan serangan dengan tank dan kendaraan lapis baja melintasi perbatasan ke Rusia. Serangan ini diklaim sebagai yang terbesar di perbatasan sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022 lalu.

Para pejuang dari dua kelompok militan Rusia pro-Ukraina mengklaim telah menyeberangi perbatasan, Selasa (12/3/24) pagi waktu setempat ke wilayah Belgorod yang berbatasan dengan timur laut Ukraina. Para pejuang itu juga terlibat dalam pertempuran dengan pasukan Rusia.

Kementerian Pertahanan dan Dinas Keamanan Federal Rusia, FSB, mengkonfirmasi bahwa puluhan pejuang mencoba menerobos masuk ke wilayah Belgorod dan Kursk yang berada lebih jauh ke selatan.

Baca juga: Hendak Salat Tarawih di Masjid Al Aqsa, Warga Palestina Dipukuli Pasukan Israel

Namun, kementerian tersebut mengklaim bahwa para pejuang Ukraina itu telah dipukul mundur dan mengalami banyak korban setelah mereka tidak dapat menembus wilayah perbatasan.

FSB mengklaim bahwa lebih dari 100 personel, enam tank, sebuah senapan self-propelled Caesar, dan 20 kendaraan tempur lapis baja telah dihancurkan.

Legiun Rusia Merdeka, sebuah kelompok Rusia yang bertempur untuk Ukraina, mengunggah sebuah video, Selasa (12/3/24) pagi dan mengklaim bahwa mereka bergerak dengan tank-tank yang melintasi perbatasan.

Kelompok ini juga mengunggah video yang mengklaim menunjukkan sebuah kendaraan lapis baja Rusia dihancurkan di sebuah desa di wilayah perbatasan kedua negara.

Baca juga: Perdana Menteri Haiti Janji Segera Mundur Usai Pertemuan Jamaika

Kelompok tersebut mengklaim bahwa para pejuang telah menguasai Tetkino, sebuah desa yang berada di wilayah Kursk.

Ukraina juga meluncurkan serangan drone besar-besaran terhadap setidaknya 10 wilayah Rusia pada hari Selasa dengan beberapa drone menjangkau jauh.
Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pertahanan udara mereka menembak jatuh setidaknya 26 drone Ukraina di tujuh wilayah di negara itu.

Serangan pesawat tak berawak itu dilakukan sepanjang hari Selasa. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles