18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Segini Kekayaan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Salman

Arab Saudi, MISTAR.ID

Kekayaan putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Salman atau Mohammed bin Salman diperkirakan mencapai USD25 miliar atau setara dengan Rp375 triliun per Mei 2023.

Mohammed bin Salman adalah Putra Mahkota Arab Saudi. Dia adalah salah satu dari sedikit orang berpengaruh di dunia politik Saudi.

Pasalnya, dia resmi diangkat menjadi Perdana Menteri Arab Saudi tahun lalu. Berdasarkan informasi yang diketahui, MBS memiliki aset sebagai berikut:

1. Saham Aramco. Saham Aramco adalah salah satu perusahaan energi terbesar di dunia. Atas kebijakannya sendiri, dia mentransfer saham Saudi Aramco ke Dana Investasi Publik (PIF).

Baca juga : 5 Pria Serang Rumah Ibadah di Al-Ahsa, Arab Saudi Jatuhkan Hukuman Mati

Jumlah saham Aramco yang dialihkan ke lembaga penampung dana Kerajaan Arab Saudi adalah 4%. Investasi 4 persen itu sendiri bernilai hampir USD80 miliar atau Rp1.147,5 triliun.

MBS mengatakan negara akan tetap menjadi pemegang saham terbesar Saudi Aramco setelah transfer, memiliki lebih dari 94 persen saham perusahaan.

2. Segudang Investasi di Arab Saudi, ia dikenal karena keterlibatannya dalam bisnis minyak dan transportasi.

Dia juga memiliki peternakan sapi di Arab Saudi, yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di dunia. Pada saat yang sama, ia juga berinvestasi di berbagai sektor di luar negeri.

Baca juga : Arab Saudi ‘Bak Neraka’ Bagi Jemaah Haji

Pada 2021, dia membeli Newcastle United, klub sepak bola Liga Premier, seharga USD415 juta. Pada 2015, MBS membeli Chateau Louis XIV di Prancis, salah satu rumah mewah termahal di dunia, seharga USD299 juta.

3. Barang mewah Meski menurut beberapa laporan, MBS tidak terlalu menyukai mobil. Dia masih mengumpulkannya sebagai bukti.

Anda dapat memilih dari merek mobil seperti Bugatti, Lamborghini dan Ferrari. Ini juga memiliki driving range (golf), helipad, teater pribadi, area tari dan BBQ yang terbukti, dll.

Baca juga : Arab Saudi Dilanda Panas Ekstrem, Jemaah Haji Diminta Waspadai Heat Stroke

Padahal MBS merupakan keturunan dari keluarga terpandang (keluarga Saud). Ia tak lupa mendonasikan kelebihan kekayaannya untuk membantu kaum muda mengembangkan bakat, kreativitas, keilmuan dan keterampilan kemanusiaannya bersama MiSK Foundation.

Yayasan itu adalah gerakan nirlaba yang didirikan pada 2011 oleh Pangeran Mohammed sendiri. MBS telah menerima beberapa penghargaan internasional.

Dimulai dengan 10 Orang Paling Berpengaruh versi majalah TIME edisi 2018, kemudian “Person of the Year” Timur Tengah Forbes pada 2013, Menteri Pertahanan termuda di dunia dan mungkin Raja termuda dalam sejarah Arab Saudi. (okz/hm18)

Related Articles

Latest Articles