17.9 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Ron Cephas Jones, Aktor ‘This Is Us’ yang Menangkan 2 Penghargaan Emmy, Tutup Usia 66 Tahun

Los Angeles, MISTAR.ID

Ron Cephas Jones, aktor veteran yang memenangkan dua Emmy Awards untuk perannya sebagai ayah yang telah lama hilang dan menemukan penebusan dalam serial drama televisi NBC, This Is Us, telah meninggal dunia pada usia 66 tahun, kata seorang perwakilan pada hari Sabtu (19/8/23)

Manajer Jones, Dan Spilo, mengatakan dalam sebuah pernyataan email bahwa aktor tersebut meninggal “karena masalah paru-paru yang sudah berlangsung lama”.

“Sepanjang kariernya, kehangatannya, kecantikan, kemurahan hati, kebaikan, dan hatinya dirasakan oleh siapa saja yang beruntung mengenalnya,” kata Spilo.

Jones menjalani transplantasi paru-paru ganda pada tahun 2020 karena penyakit paru obstruktif kronik dan menghabiskan hampir dua bulan di rumah sakit Los Angeles.

Di serial drama ‘This Is Us’, Jones berperan sebagai William “Shakespeare” Hill, seorang ayah biologis yang hidupnya diperbarui melalui hubungannya dengan keluarga putranya, Randall Pearson, yang diperankan oleh Sterling K Brown.

Baca juga; Mark Margolis, Aktor ‘Breaking Bad’ dan ‘Better Call Saul’ Tutup Usia 83 tahun

“Salah satu orang terhebat yang pernah ada di dunia tidak lagi bersama kita,” kata Brown dalam postingan Instagram setelah kematian Jones. “Dunia menjadi sedikit kurang cerah. Saudaraku, kamu dicintai. Dan kamu akan dirindukan.”

Jones memainkan peran yang lebih sentral di musim-musim awal serial ini, tetapi muncul dalam beberapa varian peran dalam total enam season episode, termasuk narasi lompatan waktu yang menawarkan kesempatan berulang untuk para aktornya bahkan setelah kematian karakter mereka.

Jones memenangkan Emmy untuk aktor tamu terbaik dalam serial drama pada 2018 dan 2020 dan dinominasikan untuk dua lainnya.

“Ron adalah yang terbaik dari yang terbaik – di layar, di atas panggung, dan di kehidupan nyata,” kata creator dari This Is Us, Dan Fogelman, di X, situs media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. “Ya Tuhan, aktor yang luar biasa. Saya rasa saya tidak pernah mengubah satu pun adegannya karena semua yang dia lakukan sempurna.

Baca juga: Usai Mengebumikan Sang Ayah, Aktor HBO Euphoria Tutup Usia 25 Tahun

Jones menghabiskan sebagian besar karirnya di teater sebelum dan sesudah ‘This Is Us’, kembali ke Broadway bahkan setelah transplantasi memaksanya untuk belajar bernapas dan berjalan lagi.

“Seluruh hidup saya telah menjadi panggung,” kata Jones dalam wawancara akhir tahun 2021 dengan The New York Times, di mana dia mengungkapkan bahwa dia diam-diam telah menderita masalah pernapasan sejak dia memulai perannya di ‘This Is Us’.

“Gagasan untuk tidak tampil lagi bagi saya tampak lebih buruk daripada kematian,” kata Jones.

Dia dinominasikan untuk ajang penghargaan Tony Award dan memenangkan Drama Desk Award 2022 untuk peran Broadway sebagai juru masak truk dalam karya penulis naskah Lynn Nottage, Clyde.

Berasal dari Paterson, New Jersey, Jones lulus dari Universitas Ramapo terdekat, di mana dia bermaksud untuk belajar jazz tetapi beralih ke teater selama tahun keduanya. Dia menghabiskan akhir 1970-an dan awal 1980-an berkeliling negara, bekerja sebagai sopir bus di California Selatan selama beberapa tahun.

Baca juga: Aktor Utama Transformers: Rise of the Beasts Nyaris Terbakar

Pada pertengahan 1980-an dia pindah ke New York, di mana karirnya melejit ketika dia mulai nongkrong dan berkolaborasi di Nuyorican Poets Café, pusat kreatif yang berpengaruh untuk kategori puisi, hip-hop, dan seni pertunjukan.

Kesuksesan besarnya dalam berperan datang pada tahun 1994, ketika ia menjadi pemeran utama dalam drama penulis naskah Cheryl West, Holiday Heart.

Dia akan menghabiskan beberapa dekade berikutnya terus-menerus di teater, sering kali dalam drama Off Broadway di New York, termasuk saat pergantian judul menjadi “Richard III” Shakespeare di Teater Umum, dan dalam peran dengan Perusahaan Teater Steppenwolf di Chicago.

 Jones juga menjadi tamu di acara TV Mr Robot, Luke Cage dan Lisey’s Story

Penampilan filmnya yang lain termasuk Half Nelson pada tahun 2006 dengan Ryan Gosling dan Dolemite Is My Name tahun 2019 dengan Eddie Murphy.

Dia meninggalkan putri semata wayangnya, Jasmine Cephas Jones. (cna/hm17)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles