15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pria Lebanon Sandera 8 Orang di Bank Minta Uangnya Dicairkan

Beirut, MISTAR.ID
Seorang pria bersenjata menyandera delapan orang di Bank Lebanon. Ia menuntut agar tabungannya dicairkan untuk mengobati ayahnya.

Dilaporkan Arab News, Kamis (11/8/22), pria itu melakukan aksinya di Bank Federal Lebanon di Hamra, Kota Beirut. Pelaku bernama Bassam Sheikh Hussein (42) dan mengaku uangnya ditahan oleh pihak bank sejak 2019.

Delapan orang yang disandera adalah enam pegawai dan dua pelanggan. Pelaku membawa senjata api, mengancam membakar diri, dan membunuh sanderanya, kecuali ia diberikan uang.

Baca juga:Sandera 3 Warga di Sinagoge Texas, Pria Bersenjata Tewas Diserbu FBI

Awalnya, pelaku ingin uang US$ 2.000 untuk membayar tagihan rumah sakit ayahnya. Pihak bank menolak, lalu pelaku menginginkan seluruh uangnya sejumlah US$ 210 ribu.

Pihak asosiasi depositor menyebut pihak bank menawarkan US$ 10 ribu, tetapi pelaku menolak.

“Sekarang negosiasi lebih lanjut sedang berlangsung,” ujar kepala asosiasi depositor, Hasan Moghnieh.

Pelaku disebut kesulitan menarik uang karena aturan pemerintah yang membuat uang ratusan ribu orang sulit untuk dicairkan di bank. Simpatisan pria itu lantas berkata aksi serupa bisa terjadi lagi kecuali ada tindakan.

Baca juga:Tolak Penggabungan Kampus, Ribuan Mahasiswa di China Sandera Rektor

Moghnieh mengaku tidak kenal secara pribadi dengan pelaku. Namun, ia berkata pelaku serius dengan ancaman-ancamannya, dan siap menganggung dampak kerugian kolektif.

Berdasarkan video yang beredar, pelaku tampak memakai kaus hitam dan celana pendek. Ia membawa senjata laras panjang. Ia tampak berjalan-jalan di lobi bank, dan sejumlah orang yang jadi korban penyanderaan ada di belakang front desk. (lip6/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles