15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Presiden Peru Pedro Castillo Resmi Dilantik

Lima, MISTAR.ID

Presiden Peru yang baru Pedro Castillo yang banyak didukung kaum miskin di negara tersebut dan juga dikenal sebagai tokoh sayap kiri resmi dilantik sebagai presiden kelima dalam tiga tahun, Rabu (28/7/21) waktu setempat.

Guru sekolah pedesaan itu dilantik pada peringatan 200 tahun kemerdekaan negara itu, menjanjikan diakhirinya korupsi dan konstitusi baru. Presiden Peru berusia 51 tahun tersebut bersumpah untuk melawan pemerintahan neo-liberal yang sudah menguasai selama seperempat abad. Dia memasuki pekerjaan dengan daftar tugas yang panjang, menjinakkan pandemi Covid-19 mengaktifkan kembali ekonomi yang lesu, dan mengakhiri tahun kekacauan politik.

“Saya bersumpah demi Tuhan, demi keluarga saya, oleh para petani, oleh masyarakat adat, oleh para ronderos (patroli tani), para nelayan, para profesional, anak-anak, remaja, bahwa saya akan menjalankan jabatan presiden republik,” kata Castillo di hadapan Kongres, seperti dikutip media Kamis (29/7/21). “Saya bersumpah demi rakyat Peru untuk negara tanpa korupsi dan konstitusi baru,” katanya, kembali ke janji kampanye untuk mengubah konstitusi ramah pasar bebas Peru.

Baca juga: Seminggu Menjabat, Presiden Peru Mundur

Piagam yang ada, diundangkan pada 1993, adalah peninggalan mantan Presiden Alberto Fujimori, yang menjalani hukuman penjara karena korupsi dan kejahatan terhadap kemanusiaan. Castillo dinyatakan sebagai pemenang pada 19 Juli, lebih dari enam minggu setelah perlombaan putaran kedua melawan saingan populis sayap kanan Keiko Fujimori. Keiko sempat melontarkan tuduhan kecurangan pemilihan yang kemudian harus ditinjau oleh juri pemilihan.

Pelantikan Rabu dihadiri oleh Raja Spanyol Felipe VI, lima pemimpin Amerika Latin, mantan presiden Bolivia Evo Morales, dan menteri pendidikan Amerika Serikat. Sekitar 10.000 petugas polisi telah dikerahkan di ibu kota Lima, yang juga akan menjadi tuan rumah parade militer pada hari Jumat. (medcom/hm09)

Related Articles

Latest Articles