20.3 C
New York
Friday, June 7, 2024

Presenter BBC Diskors Karena Membayar Remaja Rp682 Juta untuk Gambar Tidak Senonoh

London, MISTAR.ID

Kantor berita BBC mengumumkan pada Minggu (9/7/2023) telah menskors seorang presenter andalannya yang dituduh membayar seorang remaja untuk menerima gambar yang tidak pantas.

Ketika politisi Inggris mendesak penyelidikan cepat, Lembaga Penyiaran itu mengatakan sedang bekerja untuk mengklarifikasi fakta dari “keadaan yang kompleks dan bergerak dengan cepat”.

Lembaga Penyiaran nasional Inggris yang didanai publik itu sedang berjuang untuk mencegah krisis memburuk setelah surat kabar The Sun melaporkan tuduhan bahwa seorang pria pembawa acara BBC membayar seorang remaja USD45.000 (sekitar Rp682 juta) mulai tahun 2020 ketika dia baru berusia 17 tahun.

Baca juga : Tim Penyelemat Cari Kapal Pengungsi yang Angkut 200 Orang Afrika Hilang di Kepulauan Canary

Identitas pelaku dan remaja tersebut tidak diungkap identitasnya. Ada spekulasi di media sosial tentang siapa presenternya, dengan beberapa bintang BBC terkenal menyangkal keterlibatannya.

Meskipun usia minimum persetujuan seksual di Inggris adalah 16 tahun, mengambil atau menyimpan foto-foto tidak senonoh dari siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun merupakan tindak pidana.

The Sun melaporkan bahwa ibu dari remaja tersebut mengeluh kepada BBC pada bulan Mei tetapi presenter tersebut terus melanjutkan siarannya.

Baca juga : Kisah Sadis Kaisar Bokassa, Diktator Kanibal di Afrika Tengah yang Suka Memakan Daging Manusia

BBC mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu (9/7/23) bahwa pengaduan tersebut pertama kali diketahui Mei lalu, tetapi tuduhan baru terhadap BBC dibuat berbeda pada Kamis (6/7/23).

Lembaga Penyiaran itu mengatakan BBC menganggap semua tuduhan dengan serius dan kami memiliki proses internal jalur cepat untuk mencegah klaim semacam itu.

Perusahaan juga berkomunikasi dengan “otoritas eksternal” tanpa menyebutkan apakah polisi yang dimaksud.

“Ini adalah masalah yang kompleks dan berubah dengan cepat dan BBC bekerja secepat mungkin untuk menetapkan fakta untuk menentukan langkah selanjutnya yang tepat,” kata BBC.

“Kami juga dapat mengkonfirmasi bahwa seorang karyawan laki-laki telah ditangkap,” lanjutnya. (okz/hm18)

Related Articles

Latest Articles