17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Pesawat Boeing Atlas Air Mendarat Darurat di Miami Akibat Kerusakan Mesin

Miami, MISTAR.ID

Pesawat kargo Boeing 747-8 milik Atlas Air dengan lima awak terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Miami (MIA), Kamis (18/1/24) malam lantaran mengalami kerusakan mesin sesaat setelah lepas landas.

Rekaman video di media sosial X menunjukkan api menyembur keluar dari sayap kiri ketika pesawat sedang terbang. Tidak ada korban jiwa maupun cedera dalam insiden tersebut.

“Awak mengikuti semua prosedur standar dan dengan aman kembali ke MIA,” kata jurubicara maskapai itu kepada Reuters, sembari menambahkan bahwa mereka akan melakukan inspeksi untuk menemukan penyebabnya.

Baca Juga: Presiden Israel Tuntut Pembebasan Sandera di Jalur Gaza

Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) mengatakan akan menyelidiki insiden tersebut. Sementara Boeing menunda memberikan komentar kepada Atlas Air.

Berdasarkan data Flightradar24, pesawat tersebut berusia delapan tahun. Model 747-8 ini ditenagai oleh empat mesin General Electric GEnx, sesuai dengan situs web Boeing. Belum ada komentara General Electric terkait peristiwa ini.

Kegagalan mesin jarang terjadi, tetapi berpotensi membahayakan ketika bagian yang berputar menembus pelindung luar – suatu peristiwa yang dikenal sebagai kegagalan mesin yang tidak terkendali.

Kerusakan mesin ini terjadi di tengah dua kecelakaan jetliner berprofil tinggi tahun ini.

Sebuah pesawat penumpang Airbus A350 yang dioperasikan oleh Japan Airlines bertabrakan dengan pesawat Coast Guard di Tokyo, menewaskan lima awak pada 2 Januari.

Related Articles

Latest Articles