10.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Pasukan Israel Tembak Staf Medis Bulan Sabit Palestina di Gaza

Kairo, MISTAR.ID

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyerang ambulans milik Bulan Sabit Merah Palestina saat berada di pintu masuk Kota Deir al-Balah di Jalur Gaza tengah.

Peristiwa ini disampaikan oleh Bulan Sabit Merah Palestina dalam X melalui pesan. Dalam pesan itu diutarakan, insiden itu membuat empat staf medisnya tewas.

Pada 7 Oktober ketegangan di Timur Tengah kembali berkobar setelah kelompok Hamas yang berbasis di Jalur Gaza melancarkan serangan besar-besaran ke dalam wilayah Israel.

Baca juga: Jelang Sidang PBB, Cina Desak Israel Gencatan Senjata

Akibat serangan ini, otoritas Israel menyebutkan ada ribuan warganya yang tinggal di dekat perbatasan Gaza meninggal dunia, termasuk perempuan, anak-anak dan lansia diculik.

Hamas sendiri menyebut serangannya itu sebagai aksi balasan atas tindakan agresif otoritas Israel di Masjid Al-Aqsa yang berada di kompleks Temple Mount di Kota Tua, Yerusalem.

Israel memblokade total Jalur Gaza dan melancarkan operasi darat guna melawan Hamas di sana. Pasukan Israel pun langsung menggempur kantong Palestina itu dan sejumlah wilayah lain di Lebanon maupun Suriah. Bentrok tak terelakkan juga terjadi di Tepi Barat. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles