13.5 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Masih Hidup ? Kim Jong-un Kirim Surat Untuk Afrika Selatan

Jakarta, MISTAR.ID
Media pemerintah Korea Utara merilis surat memberi ucapan selamat perayaan hari kemerdekaan bagi Afrika Selatan. Surat tersebut dari Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un untuk Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Surat tertanggal 27 April 2020 ini muncul di tengah kabar simpang siur terkait kondisi kesehatan Kim yang sempat disebut kritis usai menjalani operasi jantung pada pertengahan April lalu.

Mengutip dari kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), selain memberi ucapan dalam suratnya Kim menyatakan keyakinannya bahwa persahabatan antara kedua negara bisa berkembang ke ranah yang lebih luas.

Belum bisa dilakukan verifikasi secara independen untuk mengetahui keaslian surat tersebut. Mengingat dalam beberapa hari terakhir muncul beragam spekulasi soal kondisi kesehatan Kim.

Sebelumnya pada Minggu (26/4/20) penasihat presiden Korea Selatan Moon Chung-in mengatakan bahwa Kim masih ‘hidup dan sehat’, kendati ada spekulasi soal kesehatannya. Kim disebut telah tinggal di daerah Wonsan di timur Korea Utara sejak 13 April.

“Sejauh ini tidak ada aktivitas mencurigakan yang terdeteksi,” ujar Moon.

Kabar keberadaan Kim di Wonsan diperkuat dengan kemunculan gambar satelit yang menunjukkan posisi sebuah kereta api yang pada Sabtu (25/4/20) yang diduga miliknya.

Citra satelit yang ditinjau oleh 38North, sebuah think tank yang berbasis di AS, menunjukkan sebuah kereta yang kemungkinan milik Kim di sebuah stasiun di Wonsan pekan lalu.

Sementara itu sangat sulit untuk mengonfirmasi secara mandiri terkait apa yang terjadi di Korut, terlebih soal kondisi Kim.

Spekulasi terkait kondisi Kim bermula pada ketidakhadirannya pada perayaan ulang tahun mendiang kakeknya yang juga pendiri Korut, Kim Il-sung, pada 15 April lalu.

Kim juga belum terlihat di muka publik sejak memimpin rapat politbiro Partai Pekerja Korut pada 11 April. Sehari setelahnya, media pemerintah Korut melaporkan Kim memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Namun karena ia tak muncul pada 15 April, media lalu mengeluarkan serangkaian spekulasi soal kesehatan Kim. Ketika itu, Korsel sendiri mengatakan tak memiliki informasi apa-apa mengenai Kim.

Korut memang dikenal mengontrol ketat informasi apapun mengenai pemimpinnya. Ketidakhadirannya dari media resmi pemerintah sering memicu spekulasi dan rumor tentang kesehatannya.

Sumber : CNN/CNBC
Editor : Rika Yoesz

Related Articles

Latest Articles