13.7 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Korban Tragedi Halloween Korsel Terus Bertambah, 147 Tewas

Seoul, MISTAR.ID

Korban tewas dalam tragedi Halloween di Korea Selatan (Korsel) terus saja bertambah. Bahkan, hingga kini, sebanyak 146 orang tewas dan 150 luka-luka akibat terhimpit dalam kerumunan selama perayaan yang digelar di Ibu Kota Seoul tersebut.

Sebelumnya, para pejabat mengkhawatirkan jumlah korban akan lebih banyak saat memberikan pembaruan saat korban tewas telah mencapai 120 orang dan 100 lainnya terluka.

“Banyak korban dipindahkan ke rumah sakit setempat karena serangan jantung setelah CPR darurat,” kata pejabat tersebut seperti dilansir media, Minggu (30/10/22).

Baca Juga:True North, Libatkan Animator Indonesia

Insiden tersebut terjadi di distrik rekreasi Itaewon pada Sabtu malam. Menurut saksi, jatuhnya korban karena kerumunan massa dalam jumlah besar mendorong maju di gang-gang sempit di daerah itu.

“Kejadian tersebut pertama kali dilaporkan sekitar pukul 10.20 waktu setempat,” kata para pejabat.

Butuh waktu bagi kru penyelamat untuk merespons karena besarnya kerumunan massa.

Lebih dari 100 ribu orang berkumpul untuk pesta Halloween di daerah yang terkenal dengan klub malamnya. Daerah ini memiliki bar-bar yang terletak di sepanjang gang-gang sempit yang mengapit jalan utama.

“Orang-orang terjebak di gang-gang yang melengkung dan miring ini,” menurut saksi mata.

Video pengamat dari tempat kejadian menunjukkan keadaan darurat yang besar dan respons polisi di distrik itu ketika kerumunan orang, beberapa dengan kostum, masih berkumpul di tempat kejadian. CPR bisa terlihat dilakukan di jalan.

“Penyebab lonjakan massa sedang diselidiki,” kata para pejabat.

Baca Juga:AS Jepang dan Korsel Ancam Respons Keras Jika Korut Uji Coba Nuklir

Amerika Serikat (AS) menawarkan dukungannya kepada Korea Selatan setelah tragedi itu. “Laporan dari Seoul sangat memilukan,” kata Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan di Twitter.

“Kami memikirkan semua orang yang kehilangan orang yang dicintai dan berharap cepat pulih bagi mereka yang terluka. Amerika Serikat siap memberikan dukungan apa pun yang dibutuhkan Republik Korea,” sambungnya.

Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden menyampaikan belasungkawa terdalam mereka kepada keluarga yang kehilangan orang yang dicintai di Seoul.

“Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan yang cepat kepada semua orang yang terluka,” kata presiden AS dalam sebuah pernyataan.

“Aliansi antara kedua negara kita tidak pernah lebih hidup atau lebih vital dan ikatan antara rakyat kita lebih kuat dari sebelumnya. Amerika Serikat mendukung Republik Korea selama masa tragis ini,” sambung pernyataan itu. (sindo/hm12)

Related Articles

Latest Articles