10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Kecil Kemungkinan Manusia Kebal Covid-19

Wuhan, MISTAR.ID

Hasil penelitian melibatkan China dan Amerika baru-baru ini mengatakan, kemungkinan manusia tidak bisa mengembangkan kekebalan terhadap Covid-19.

Sebuah laporan, Jumat (19/6/20), menyebutkan 25% dari 23 ribu pekerja rumah sakit di Wuhan terinfeksi virus corona dan hanya 4% di antaranya yang berhasil mengembangkan antibodi.

“Orang-orang mungkin tidak menghasilkan antibodi pelindung jangka panjang terhadap virus ini,” tulis kesimpulan suatu makalah hasil penelitian itu yang diposting di situs pracetak medRxiv.org.

Baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Di China Sangat Menjanjikan

Banyak asumsi yang menyebutkan, orang yang pernah terinfeksi Covid-19 bisa menghasilkan antibodi yang akan melindungi mereka dari infeksi ulang.

Hal ini juga yang jadi pertimbangan di sejumlah negara untuk mengeluarkan ‘sertifikat kekebalan’ terhadap orang yang sembuh Covid-19. Sayangnya penelitian terbaru ini mematahkan asumsi tersebut, karena tidak semua orang yang terinfeksi memproduksi antibodi.

Antibodi adalah molekul yang dihasilkan oleh sistem kekebalan untuk mengikat protein lonjakan virus dan menghentikannya dari infeksi sel. Beberapa jenis antibodi seperti immunoglobulin G, atau IgG dapat bertahan dalam sistem untuk waktu yang lama.

Sementara itu pasien dengan gejala yang lebih jelas menghasilkan lebih banyak antibodi IgG dalam waktu dua minggu setelah terserang virus corona.

Baca juga: Dexamethasone Obat Pertama Selamatkan Nyawa Kasus Covid-19

Berdasarkan penelitian ini, mereka mengatakan tes antibodi mungkin tidak cukup untuk mengetahui apakah seseorang telah terinfeksi virus corona dan keberadaan antibodi seperti IgG belum tentu memberikan kekebalan di masa depan.

“Gagasan sertifikat kekebalan untuk pasien Covid-19 yang dipulihkan tidak valid,” tulis Wang Xinhuan, pemimpin penelitian dari Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan.(suara/hm03)

Related Articles

Latest Articles