17.4 C
New York
Saturday, June 1, 2024

Kapal Selam Terbesar di Dunia Berlabuh di Korsel

Busan, MISTAR.ID

Kapal selam terbesar di dunia milik Amerika Serikat (AS) berlabuh di Kota Busan, Korea Selatan (Korsel), Jumat (16/6/23) untuk kali pertama setelah enam tahun terakhir. Disebut dengan USS Michigan, kapal selam ini dibekali dengan tenaga nuklir.

Angkatan Laut AS mengindikasikan jenis kapal selam tersebut dilengkapi rudal jelajah kelas Ohio. Dimana, mampu membawa sekitar 150 rudal Tomahawk dengan jangkauan hingga 2.500 kilometer. Kelebihan lainnya adalah mampu meluncurkan misi pasukan khusus.

Kedatangan UUS Micihigan ke Korsel disinyalir setelah Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal jarak pendek di lepas pantai timurnya pada Kamis (15/6/23) waktu setempat.

Baca juga: Australia Beli Tiga Kapal Selam di Bawah Kemitraan AUKUS

Menurut sejumlah pejabat Seoul, kapal selam AS hadir di Korsel karena bagian dari perjanjian bilateral untuk meningkatkan ‘visibilitas reguler’ dari aset-aset strategis AS ke semenanjung Korea.

Angkatan Laut AS dan Korsel segera menggelar latihan untuk meningkatkan kemampuan operasi khusus dan kemampuan bersama dalam mengatasi ancaman nuklir Korea Utara (Korut) yang terus meningkat.

Tidak disebutkan oleh perwakilan Korsel berapa lama USS Michigan akan berada di perairan Busan. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles