20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Kapal Pesiar Royal Carribbean Putar Balik Akibat Covid-19

Singapura, MISTAR.ID

Kapal pesiar Royal Carribbean terpaksa putar balik ke Singapura setelah seorang penumpangnya dinyatakan positif Covid-19. Kapal Quantum of the Seas itu baru memulai kembali pelayaran akibat pandemi virus corona. Kapal tersebut melakukan pelayaran tanpa tujuan hanya untuk warga Singapura sejak beberapa hari lalu.

“Seorang penumpang di Quantum of the Seas dinyatakan positif virus corona setelah dites oleh tim medis kami,” kata operator kapal, Royal Caribbean International dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/12/20) seperti dikutip dari media. Semua penumpang dan kru yang melakukan kontak dekat dengan orang itu telah diidentifikasi, diisolasi. Mereka semua dinyatakan negatif terkena virus.

“Kapal pesiar akan kembali ke pelabuhan sesuai dengan protokol pemerintah, dan akan menurunkan penumpang setelah peninjauan pelacakan kontak selesai,” kata Royal Caribbean International. Perusahaan pelayaran juga bekerja sama dengan Pemerintah Singapura untuk mencegah penularan lebih luas.

Baca juga: Kapal Pesiar Pertama Rute “Tak ke Mana-Mana” Diluncurkan Singapura

“Kami bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sistem menyeluruh yang menguji dan memantau semua penumpang dan kru serta mengikuti praktik terbaik kesehatan masyarakat,” katanya.

Direktur Singapore Tourism Board (STB) untuk pengembangan kapal pesiar Annie Chang mengatakan bahwa rencana tanggap darurat telah diaktifkan sesuai dengan pedoman. Ini termasuk pembersihan kapal secara menyeluruh, selain isolasi langsung dari kontak dekat dan pelacakan kontak.

“Semua kontak dekat telah dites negatif. Kesejahteraan dan keselamatan komunitas lokal kami, serta penumpang dan awak tetap menjadi prioritas utama,” katanya. “Semua penumpang menjalani tes Covid-19 wajib sebelum naik, dengan tindakan kebersihan dan keselamatan yang ketat diterapkan selama perjalanan.”

Kapal pesiar Royal Caribbean’s Quantum of the Seas mulai berlayar untuk berkelana selama tiga dan empat malam mulai 1 Desember lalu. Kapal tersebut baru memulai kembali pelayaran sejak terhenti pada Maret lalu. Berdasarkan data statistik Wolrdometer, Singapura hingga kini memiliki 58.285 kasus Covid-19 dan 29 kematian. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles