15.3 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Joe Biden: AS Tidak Dukung Kemerdekaan Taiwan

Komentar Biden Sabtu kemarin tampaknya merupakan upaya untuk memberi jaminan kepada Beijing.

Meski demikian, beberapa jam sebelum pemungutan suara dimulai, Washington memperingatkan bahwa campur tangan dalam pemilihan Taiwan dari setiap negara tidak akan dapat diterima.

Taiwan, yang diklaim China sebagai miliknya, merupakan salah satu kisah sukses demokratis sejak mengadakan pemilihan presiden langsung pertamanya pada tahun 1996, puncak dari beberapa dekade perjuangan melawan pemerintahan otoriter dan hukum militer.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengucapkan selamat kepada Lai Ching-te atas kemenangannya dan mengatakan AS berkomitmen menjaga perdamaian dan stabilitas di sepanjang Selat Taiwan, dan penyelesaian damai perbedaan, bebas dari paksaan dan tekanan..

Baca Juga: Pasukan Yaman Siap Gempur Pangkalam Militer Inggris dan AS

Dia mengatakan AS berharap dapat bekerja sama dengan Lai dan pemimpin semua partai di Taiwan untuk memajukan hubungan tidak resmi jangka panjang mereka, sesuai dengan kebijakan satu China AS.

Pemerintahan Biden telah khawatir bahwa pemilihan, transisi, dan pemerintahan baru akan memperburuk konflik dengan Beijing.

Biden telah berusaha meredakan hubungan dengan Tiongkok, termasuk setuju membahas perbedaan dalam masalah keamanan dalam pertemuan di California dengan Presiden Xi Jinping pada November lalu.

Pemerintah Taiwan memperkirakan bahwa China akan coba memberikan tekanan pada presiden terpilih setelah pemungutan suara, termasuk menggelar manuver militer di dekat pulau ini pada musim semi ini.

Related Articles

Latest Articles