10.5 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Iran Peringati Amerika Untuk Tak Ganggu Pengiriman Bahan Bakar ke Venezuela

Teheran, MISTAR.ID
Amerika Serikat mendapat peringatan dari pemerintah Iran. Peringatan ini dilontarkan
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang mengirim peringatan ke Amerika Serikat (AS), Minggu (17/5/20).

Zarif meminta AS tidak mengerahkan angkatan lautnya di Karibia untuk mengganggu pengiriman bahan bakar yang tengah dilakukan Iran ke Venezuela.

Hal ini terkuak dari surat yang dikirmkan Zarif kepada Sekretaris Jenderal United Nation (Perserikatan Bangsa-bangsa/PBB) Antonio Guterres.

Ia bahkan menyebut, jika AS nekat, negara adi daya itu sudah melakukan tindakan ilegal.

“Tindakan seperti itu merupakan bentuk pembajakan,” tulisnya, Senin (18/5/20). Dalam surat itu, ia juga menegaskan akan ada yang bertanggung jawab pada tiap pelanggaran yang terjadi.

Menurut seorang analis pengiriman minyak, setidaknya ada lima tanker berisi minyak yang berbendera Iran, yang sedang melakukan pengiriman ke Venezuela. Bahan bakar yang diangkut kelima kapal itu diprediksi bernilai sedikitnya US$ 45,5 juta atau sekitar Rp682,5 miliar (kurs Rp15 ribu/dolar).

“Ini seperti hal baru untuk semua orang,” kata Kapten Ranjith Raja seorang analis di perusahaan data Refinitiv. “Kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya.” Pernyataan Zarif itu disampaikan Iran di tengah sanksi yang diterima negara itu dari pemerintahan Presiden Donald Trump.

Sebagaimana diketahui, Trump telah menerapkan sanksi pada Iran setelah menarik negaranya keluar dari perjanjian nuklir Iran 2015, pada 2018 lalu. Sanksi sepihak AS itu termasuk bertujuan untuk mengakhiri ekspor minyak oleh Iran.

Hal serupa juga terjadi pada Venezuela. Baik Iran maupun Venezuela, keduanya merupakan produsen minyak mentah utama dunia.

Pernyataan Zarif itu juga disampaikan setelah sebelumnya pada Sabtu (16/5/20), media Iran Fars News melaporkan bahwa mereka telah menerima informasi mengenai keberadaan empat kapal perang Angkatan Laut AS di Karibia. Kapal-kapal itu dicurigai akan konfrontasi dengan tanker Iran.

Kecurigaan itu sendiri datang setelah pada, Kamis, seorang pejabat senior dalam pemerintahan Trump mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa AS sedang mempertimbangkan langkah-langkah yang dapat diambil sebagai tanggapan atas pengiriman bahan bakar Iran ke Venezuela.

Sumber:CNBCIndonesia
Editor: ANdy Huitagalung

Related Articles

Latest Articles