15.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

India Vaksin 8,6 Juta Warga Sehari

New Delhi, MISTAR.ID

Upaya vaksinasi massal Covid-19 di India kini sedang digalakkan setelah negara itu sempat mencatat jumlah infeksi tertinggi di dunia dan juga kematian harian yang menembus rekor. Tidak tanggung-tanggung, India memvaksin delapan juta suntikan vaksin Covid-19 dalam sehari diberikan kepada warganya. “Pada Senin 21 Juni, total 8,6 juta dosis vaksin Covid-19 disuntikkan kepada warga India,” lapor media, Rabu (23/6/21).

“Capaian ini menetapkan rekor nasional pada hari pertama kebijakan baru yang menawarkan vaksin gratis untuk semua orang dewasa dan bertujuan untuk memberi energi pada upaya inokulasi yang lesu,” imbuh laporan tersebut.

Meskipun awal yang lambat ditandai dengan kekurangan pasokan dan pertengkaran antara negara bagian dan pemerintah pusat, para pejabat mengatakan bahwa produksi serta pengadaan vaksin virus corona sedang dipercepat. Langkah itu diambil untuk memastikan bahwa semua dari sekitar 950 juta orang dewasa India dapat divaksinasi sepenuhnya pada akhir tahun.

Baca juga: Infeksi Covid-19 di India 70.421 Dan Kematian 3.921 Sehari

Total pada Senin adalah suntikan Covid-19 paling banyak yang diberikan dalam satu hari di negara mana pun selain Tiongkok. Lonjakan itu mungkin sebagian karena vaksin tersedia secara luas dan gratis untuk pertama kalinya bagi mereka yang berusia di bawah 45 tahun.

Laporan berita lokal juga menunjukkan bahwa rekor Senin dimungkinkan dengan menahan vaksin di beberapa negara bagian yang dikuasai oleh partai pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi, yaitu Partai Bharatiya Janata (BJP). Di satu negara bagian, Madhya Pradesh, jumlah dosis yang diberikan telah menyusut menjadi hanya 692 sehari, sebelum dimulainya kebijakan baru pada Senin. Kemudian sekitar 1,6 juta dosis diberikan secara tiba-tiba.

Dan dorongan itu mungkin bersifat sementara. Persediaan yang ada menunjukkan bahwa akan sulit untuk mempertahankan kecepatan seperti itu selama beberapa minggu mendatang. India telah meningkatkan ketersediaan dosis menjadi 120 juta bulan ini, dari sekitar 75 juta di Mei. Sekitar 135 juta dosis diharapkan akan tersedia pada Juli.

Upaya inokulasi hampir seluruhnya bergantung pada dua vaksin yang diproduksi di India, dan pejabat pemerintah mengatakan bahwa perusahaan di balik vaksin tersebut, Serum Institute of India dan Bharat Biotech, telah berjanji untuk mengirimkan total sekitar 1,3 miliar dosis dari Agustus hingga akhir di tahun ini. Dosis yang tersisa diharapkan berasal dari vaksin lain yang masih dalam penilaian atau percobaan.

Baca juga: Kampanye Vaksinasi Gratis, India Capai Rekor 7,5 Juta Dosis Per Hari

Di India, negara berpenduduk sekitar 1,4 miliar orang, tugas ke depan tetap besar. Meskipun negara tersebut telah memberikan hampir 290 juta dosis vaksin sejauh ini. Menurut data pemerintah, kurang dari 5 persen populasi yang telah divaksinasi sepenuhnya. Sementara kurang dari 20 persen orang telah menerima setidaknya satu dosis.

Pemerintah India telah bekerja untuk mengatasi masalah pasokan dan memudahkan persyaratan pendaftaran online yang telah menghambat akses vaksin, terutama di beberapa bagian negara di mana ketersediaan smartphone dan internet masih rendah.

Namun, keragu-raguan,-vaksin yang didasarkan dari takhayul lokal, serta informasi yang salah yang disebarkan oleh beberapa pemimpin politik dan agama,- dapat menjadi rintangan lain bagi India sebelum memenuhi tujuan ambisiusnya untuk menginokulasi semua orang dewasa pada akhir tahun.

Upaya untuk meningkatkan vaksinasi datang ketika gelombang kedua terburuk di India tampaknya telah berakhir, dengan sebagian besar kota besar India melonggarkan pembatasan dan membuka kembali perekonomian.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19, Puluhan Ribu Warga India Tak Datang

India melaporkan sekitar 42.000 kasus baru pada Senin, turun dari puncaknya lebih dari 400.000 pada awal Mei. Tingkat positif tes mingguan tetap di bawah 5 persen selama dua minggu berturut-turut, sebuah tanda bahwa kasus yang tidak terdeteksi dalam populasi juga menurun. Setidaknya 390.000 orang telah meninggal karena covid-19 di India, menurut angka resmi, meskipun para ahli percaya itu adalah jumlah yang terlalu rendah. (medcom/hm09)

Related Articles

Latest Articles