18.8 C
New York
Sunday, May 19, 2024

India Pecat Tiga Perwira yang Tidak Sengaja Luncurkan Rudal ke Pakistan

New Delhi, MISTAR.ID

Angkatan Udara India mengatakan Selasa (23/8/22) bahwa pemerintah telah memecat tiga perwira karena secara tidak sengaja menembakkan rudal ke Pakistan pada bulan Maret, sebuah insiden yang ditangani oleh dua saingan bersenjata nuklir dengan tenang karena tidak ada korban.

Pakar militer di masa lalu telah memperingatkan risiko kecelakaan atau salah perhitungan oleh tetangga, yang telah berperang tiga kali dan terlibat dalam banyak bentrokan bersenjata yang lebih kecil, biasanya di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Rudal BrahMos – rudal jelajah serangan darat berkemampuan nuklir yang dikembangkan bersama oleh Rusia dan India – ditembakkan pada 9 Maret 2022, mendorong Pakistan untuk mencari jawaban dari New Delhi tentang mekanisme keamanan yang ada untuk mencegah peluncuran yang tidak disengaja.

Baca juga:Suhu Panas di India-Pakistan Pecahkan Rekor 122 Tahun, Trotoar Meleleh!

“Pengadilan Penyelidikan, yang dibentuk untuk menetapkan fakta-fakta kasus, termasuk menetapkan tanggung jawab atas insiden tersebut, menemukan bahwa penyimpangan dari prosedur operasi standar oleh tiga petugas menyebabkan penembakan rudal secara tidak sengaja,” kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan pemerintah telah memecat tiga petugas dengan segera pada hari Selasa, 23 Agustus 2022.

Menurut Asosiasi Kontrol Senjata yang berbasis di AS, jangkauan rudal BrahMos adalah antara 300 kilometer (186 mil) dan 500 kilometer (310 mil), sehingga mampu menghantam ibu kota Pakistan, Islamabad dari landasan peluncuran India utara. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles